Level proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan sistem kognitif dalam taksonomi Marzano / Ardini Yuniarta Rizki

Rizki, Ardini Yuniarta (2019) Level proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan sistem kognitif dalam taksonomi Marzano / Ardini Yuniarta Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizki, Ardini Yuniarta. 2019. Level Proses Berpikir Siiswa dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Sistem Kognitif dalam Taksonomi Marzano. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Erry Hidayanto, M.Si. Kata Kunci: Proses Berpikir, Program Linear, Sistem Kognitif, Taksonomi Marzano. Dalam menyelesaikan masalah matematika, proses berpikir sangat penting untuk diketahui. Jika mengetahui proses berpikir siswa, maka dapat diketahui kesulitan dan kesalahan yang dilakukan siswa. Cara yang mudah untuk mengetahui proses berpikir siswa adalah dengan memberikannya suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan sistem kognitif dalam Taksonomi Marzano. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan observasi pada siswa kelas XI di SMA Islam NU Pujon dan memilih subjek dengan kategori tingkatan yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek yang terpilih kemudian diberi tes untuk menyelesaikan suatu masalah. Hasil tes kemudian dianalisis berdasarkan sistem kognitif pada Taksonomi Marzano. Kemudian, subjek diwawancarai untuk mempertegas hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kognitif tinggi mampu mencapai 4 level sistem kognitif. Pada level retrieving knowledge siswa mampu menyebutkan apa ditanyakan, apa yang diketahui, dan ide yang dapat digunakan. Pada level comprehending knowledge siswa mampu membuat model matematika. Pada level analizing knowlege siswa mampu menyelesaikan masalah. Dan pada using knowledge siswa mampu membuat kesimpulan yang tepat. Sedangkan siswa dengan kemampuan kognitif sedang mampu mencapai 3 level sistem kognitif. Pada level retrieving knowledge siswa mampu menyebutkan apa ditanyakan, apa yang diketahui, dan ide yang dapat digunakan. Pada level comprehending knowledge siswa mampu membuat model matematika. Pada level analizing knowlege siswa mampu menyelesaikan masalah. Dan pada using knowledge siswa belum mampu membuat kesimpulan yang tepat. Dan pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah hanya mampu mencapai 3 level sistem kognitif. Pada level retrieving knowledge siswa mampu menyebutkan apa ditanyakan, apa yang diketahui, dan ide yang dapat digunakan. Pada level comprehending knowledge siswa mampu membuat model matematika. Pada level analizing knowledge siswa belum dapat menyelesaikan masalah namun dapat mengerjakannya sebagian. Dan pada using knowledge siswa tidak dapat membuat kesimpulan yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74834

Actions (login required)

View Item View Item