Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika kelas X SMK / Mujizatul Meilinda Berlian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika kelas X SMK / Mujizatul Meilinda Berlian

Berlian, Mujizatul Meilinda (2020) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika kelas X SMK / Mujizatul Meilinda Berlian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Berlian Mujizatul Meilinda. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Statistika Kelas X SMK. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ir. Hendro Permadi M. Si Kata Kunci Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Penemuan Terbimbing Statistika Saat ini pendidikan di Indonesia telah menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat memahami konsep dengan benar. Namun menurut hasil observasi selama KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) dan wawancara dengan salah satu guru matematika di SMK Negeri 4 Malang metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah metode ceramah. Siswa tidak melakukan aktivitas tertentu yang mengarahkan siswa dalam mengonstruksi suatu konsep. Proses pembelajaran matematika di SMK Negeri 4 Malang belum menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) buku yang digunakan dalam pembelajaran adalah buku paket matematika dari pemerintah edisi 2014. Penggunaan pendekatan saintifik belum terlihat dalam buku paket edisi pertama khususnya mata pelajaran matematika. Akibatnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap suatu konsep menjadi kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa yang masih banyak mendapat nilai kurang dari 75. Model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam mengonstruksi suatu konsep adalah model penemuan terbimbing. Model penemuan terbimbing dirancang untuk membantu siswa dalam mengontruksi sendiri suatu konsep sehingga siswa dapat menguasai konsep tersebut dengan baik. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika berbasis penemuan terbimbing yang valid praktis dan efektif serta Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) sebagai pelengkap LKS saat proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Plomp. Kualitas LKS yang dikembangkan didasarkan pada hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu validator ahli yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan validator praktisi yang terdiri dari satu orang guru matematika SMK. Uji kepraktisan dilakukan oleh dua teman sejawat yang menilai menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa serta 34 siswa sebagai subjek uji coba pertama dan 34 siswa sebagai subjek uji coba kedua yang menilai menggunakan lembar angket respon siswa. Uji keefektifan dilakukan dengan menggunakan soal tes yang diberikan kepada 68 siswa yang telah melakukan pembelajaran dengan menggunakan LKS yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (1) uji kevalidan dinyatakan valid hal ini berdasarkan skor kevalidan LKS yaitu 3 43 dengan kriteria valid dan skor kevalidan RPP yaitu 3 69 dengan kriteria valid (2) uji kepratisan dinyatakan praktis berdasarkan skor lembar observasi guru yaitu 3 93 dengan kriteria praktis skor lembar observasi kegiatan siswa yaitu 3 80 dengan kriteria praktis dan skor lembar angket respon siswa yaitu 3 36 dengan kriteria praktis (3) uji keefektifan berdasarkan hasil tes menunjukkan 82% siswa di kelas X LOG A pada uji coba pertama dan 85% siswa di kelas X PD B pada uji coba kedua mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75. Dengan demikian LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Penguji Utama Dr. Ir. Hendro Permadi M. Si NIP 196612241999031001 Penguji II Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M. Pd NIP 196203181990022001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74833

Actions (login required)

View Item View Item