Analisis perkembangan kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik dalam pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat / Leoni Saraswati

Saraswati, Leoni (2020) Analisis perkembangan kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik dalam pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat / Leoni Saraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saraswati, Leoni. 2019. Analisis Perkembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen Sejawat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hendro Permadi,Ir. M.Si. Kata Kunci : Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik, Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen Sejawat Komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika karena dapat membantu dalam memecahkan masalah matematika, meningkatkan kemampuan dalam menjelaskan matematika, meningkatkan ide dan strategi dalam pemecahan masalah matematika. Komunikasi matematis terdapat dua macam yaitu komunikasi matematis tulis dan komunikasi matematis lisan. Komunikasi matematis tulis yaitu komunikasi yang dilakukan melalui tulisan, baik dalam bentuk diagram, gambar, tabel, rumus, ataupun demonstrasi. Kemampuan komunikasi matematis dapat ditempuh melalui model pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat. Model pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat ini dikembangkan oleh Permadi (2017). Dalam penelitian ini, peneliti memilih 6 peserta didik sebagai subjek pendukung yaitu 2 peserta didik berkategori kemampuan komunikasi matematis tulis tinggi, 2 peserta didik berkategori kemampuan sedang, dan 2 peserta didik berkategori kemampuan rendah. Pengkategorian kemampuan didasarkan pada kemampuan (1) kemampuan menuliskan informasi dan menggunakan bahasa matematika (istilah, lambang, dan notasi), (2) menyatakan ide matematika dengan logis dan teratur untuk menyelesaikan permasalahan, (3) menganalisis suatu ide matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Malang dengan subjek penelitian peserta didik offering A yang mengikuti matakuliah Kalkulus di Semester Pendek, Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat, peserta didik dengan berbagai kategori mengalami pertumbuhan secara signifikan kemampuan komunikasi matematis tulisnya. Peningkatan yang signifikan ini didukung oleh uji-t berpasangan dengan nilai dan peningkatan pada setiap nilai indikator kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik. Perkembangan kemampuan komunikasi matematis tulis antara lain dikarenakan terjadinya proses diskusi kelompok dimana setiap peserta didik dituntut untuk berinteraksi, menyampaikan pendapat dan komentar terbaiknya karena merasa dinilai oleh teman dalam satu kelompoknya. Adanya proses menilai teman sebaya dan saling memberikan saran dapat dijadikan sebagai bahan refleksi dalam menyelesaikan permasalahan yang kurang tepat. Pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat yang dikembangkan oleh Permadi (2017) dalam proses pembelajarannya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik karena pada fase 3 dan fase 4 peserta didik diminta untuk dapat memberikan gagasan atau ide dari hasil jawabannya dan memberikan penilaian terhadap gagasan atau ide dari teman sejawatnya dalam satu kelompok. Malang, 10 Desember 2019

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74832

Actions (login required)

View Item View Item