Pengembangan media pembelajaran interaktif barusida menggunakan software adobe flash cs 6 pada materi bangun ruang sisi datar / Imam Hanafi

Hanafi, Imam (2020) Pengembangan media pembelajaran interaktif barusida menggunakan software adobe flash cs 6 pada materi bangun ruang sisi datar / Imam Hanafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanafi, Imam. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif BARUSIDA Menggunakan Software Adobe Flash CS6 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si. Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, software adobe flash cs6, bangun ruang sisi datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dengan salah seorang guru matematika di SMP Lab UM yang sangat jarang menggunakan media pembelajaran untuk mengajarkan matematika kepada siswanya. Akibatnya siswa cenderung malas untuk mempelajari matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar menjadi rendah. Media pembelajaran merupakan satu bagian penting dari proses pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu, peneliti membuat penelitian pengembangan yang dapat mengarahkan siswa bahwa materi bangun ruang sisi datar bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari melalui media pembelajaran yang dikembangkan. Peneliti melakukan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif BARUSIDA menggunakan Adobe Flash CS6 pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan metode research and development (R&D) yang menggunakan tahapan penelitian ADDIE yang diadopsi oleh Robert Maribe Branch, model ini ada 5 tahap pengembangan, yaitu Analyze (tahap analisis), Design (tahap perancangan), Develop (tahap pengembangan), Implement (tahap implementasi), dan Evaluate (tahap evaluasi). Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi. Setelah produk tersebut divalidasi, peneliti melakukan uji coba kepada 15 siswa yang belum mendapat materi bangun ruang sisi datar. Lima belas siswa tersebut terdiri dari tujuh siswa berkemampuan rendah, enam siswa berkemampuan sedang, dan dua siswa berkemampuan tinggi. Hasil dari penelitian pengembangan tersebut antara lain hasil uji validitas media mendapat presentase 77,27% sedangkan hasil uji validitas materi mendapat presentase 80,56% yang berarti media dan materi yang dikembangkan termasuk dalam kategori “valid”, hasil uji kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dengan skor sebesar 87,62% yang berarti media yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat praktis”, serta hasil uji keefektifan diperoleh dari hasil tes siswa, dari 15 siswa terdapat 13 siswa yang mendapat nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 dengan rata-rata nilai dari lima belas siswa tersebut adalah 82,22 sehingga presentase keefektifan media ini adalah 86,67% yang berarti media yang dikembangkan merupakan media yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data penelitian, subjek uji coba yang memiliki kemampuan rendah dari tujuh siswa, lima siswa diantaranya memperoleh nilai tes di atas KKM, hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat membantu siswa untuk memahami materi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya. Beberapa saran yang diberikan peneliti antara lain saran untuk pemanfaatan produk, diseminasi, dan saran untuk pengembangan produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74831

Actions (login required)

View Item View Item