Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ruang berdasarkan dominasi kerja otak / Selviana Permatasari

Permatasari, Selviana (2020) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ruang berdasarkan dominasi kerja otak / Selviana Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Permatasari, Selviana. 2019. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang Berdasarkan Dominasi Kerja Otak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Sukoriyanto, M.Si. Kata Kunci : Proses berpikir, Geometri ruang, Dominasi kerja otak Geometri ruang menjadi salah satu materi yang sulit bagi siswa SMA Negeri 1 Malang, Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan, ditemukan beberapa kesalahan yang dialami oleh siswa. Kesalahan yang terjadi disebabkan oleh perbedaan pemahaman dan kemampuan. Perbedaan dominasi kerja otak mengakibatkan perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ruang berdasarkan dominasi kerja otak. Dominasi kerja otak yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dominasi kerja otak kiri dan dominasi kerja otak kanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa, yang terdiri dari 2 siswa dengan dominasi kerja otak kiri dan 2 siswa dengan dominasi kerja otak kanan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dominasi kerja otak milik Ippho Santosa PhG, masalah geometri ruang tentang luas permukaan kubus, dan pedoman wawancara. Proses berpikir pada penelitian ini dilihat dari tahapan penyelesaian masalah Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan proses berpikir antara siswa dominasi kerja otak kiri dengan siswa dominasi kerja otak kanan. Pada tahap memahami masalah, siswa dengan dominasi kerja otak kiri memahami masalah melalui membaca teks, sedangkan siswa dengan dominasi kerja otak kanan memahami masalah melalui identifikasi terhadap gambar. Pada tahap menyusun rencana penyelesaian, siswa dengan dominasi kerja otak kiri menyusun rencana dengan menggunakan prosedur rumus, sedangkan siswa dengan dominasi kerja otak kanan menyusun rencana tidak menggunakan prosedur rumus. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, siswa dengan dominasi kerja otak kiri melaksanakan penyelesaian sesuai dengan rencana secara sistematis, sedangkan siswa dengan dominasi kerja otak kanan melaksanakan rencana penyelesaian secara acak. Pada tahap memeriksa kembali, siswa dengan dominasi kerja otak kiri memeriksa kembali jawaban secara teliti, sedangkan siswa dengan dominasi kerja otak kanan memeriksa kembali jawaban secara singkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74829

Actions (login required)

View Item View Item