Pengembangan aplikasi peraga "INTOP" (Integer Operation) berbantuan komputer pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII SMP / Rizki Muhammad Arif

Arif, Rizki Muhammad (2020) Pengembangan aplikasi peraga "INTOP" (Integer Operation) berbantuan komputer pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII SMP / Rizki Muhammad Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arif, Rizki Muhammad. 2019. Pengembangan Aplikasi Peraga “INTOP” (Integer Operation) Berbantuan Komputer pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII SMP. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, peraga, SWiSH Max 4, operasi bilangan bulat. Operasi bilangan bulat merupakan salah satu materi awal pada pembelajaran Matematika yang harus ditempuh oleh siswa SMP. Berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber guru matematika kelas VII SMP Negeri 2 Tosari Satu Atap didapati bahwa siswa mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat sehingga hal tersebut menghambat siswa dalam mengerjakan soal dan mempelajari materi selanjutnya. Pembelajaran di dalam kelas menggunakan metode ekspositori secara penuh. Guru belum pernah menggunakan media pembelajaran karena materi masih dianggap mudah sehingga minat belajar siswa menurun. Untuk menanggulangi masalah ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi peraga “INTOP” (Integer Operation) berbantuan komputer menggunakan aplikasi SWiSH Max 4 pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam melakukan operasi bilangan bulat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan atau model pengembangan 4D. Tahapan dalam model ini meliputi: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan) (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Produk yang dihasilkan telah divalidasi oleh validator dan diujicobakan kepada 15 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tosari Satu Atap dengan kemampuan heterogen sebagai subjek uji coba. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh: hasil uji kevalidan media yang meliputi nilai rata-rata validasi media sebesar 3,29 dan nilai rata-rata validasi angket respon siswa sebesar 3, sehingga berdasarkan tabel kriteria kevalidan media aplikasi peraga INTOP memperoleh kriteria valid. Hasil uji kepraktisan media meliputi nilai rata-rata kepraktisan sebesar 3,61, sehingga berdasarkan tabel kriteria kepraktisan media aplikasi peraga INTOP memperoleh kriteria praktis. Hasil uji keefektifan media meliputi presentase subjek uji coba yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 93,3%, sehingga berdasarkan tabel kriteria keefektifan media aplikasi peraga INTOP memperoleh kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil uji data kevalidan, hasil uji data kepraktisan dan hasil uji data keefektifan, media aplikasi peraga INTOP berbantuan dinyatakan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74828

Actions (login required)

View Item View Item