Pengembangan perangkat pembelajaran materi fungsi dengan pendekatan realistic mathematics education untuk siswa kelas VIII / Agus Ahmad Rizqi

Rizqi, Agus Ahmad (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran materi fungsi dengan pendekatan realistic mathematics education untuk siswa kelas VIII / Agus Ahmad Rizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizqi, Agus Ahmad. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Fungsi dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Siswa Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, RME, fungsi Penguasaan matematika siswa bergantung pada praktik pembelajaran di sekolah, yang salah satunya dipengaruhi oleh perangkat pembelajaran yang digunakan. Penyajian materi fungsi dalam buku siswa masih membingungkan dan banyak memakan waktu. Selain itu, LKS yang tersedia masih mekanistik dengan pola definisi, contoh dan latihan. Oleh karena itu, pengembangan perangkat pembelajaran materi fungsi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk membantu siswa dan Guru dalam melaksanakan pembelajaran materi fungsi sekaligus mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran materi fungsi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar, memuat materi konsep fungsi dan penyajian fungsi dalam diagram panah, himpunan pasangan berurutan, diagram kartesius dan persamaan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi, terdiri atas tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 siswa kelas VIII-F SMPN 2 Genteng. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah melalui uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji validitas dilakukan oleh satu dosen Matematika Universitas Negeri Malang (UM) dan satu guru matematika SMPN 2 Genteng. Uji kepraktisan dilakukan oleh 38 subjek uji coba dan satu guru matematika dengan mengisi angket kepraktisan, serta dua observer dengan mengisi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji keefektifan dilakukan dengan memberikan Tes Hasil Belajar pada 38 subjek uji coba setelah penggunaan produk dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74827

Actions (login required)

View Item View Item