Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis problem solving pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas XI SMA / Elfasa Adzana Nur Ardiana

Ardiana, Elfasa Adzana Nur (2019) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis problem solving pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas XI SMA / Elfasa Adzana Nur Ardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiana, Elfasa A. N. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Problem Solving pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Indriati Nurul Hidayah, S.Pd, M.Si. Kata Kunci:Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Solving, Barisan Dan Deret. Proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 (K13) yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, dan memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif dapat mencapai tujuan pembelajaran. Guru melakukan perencanaan, proses, dan penilaian untuk meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan RPP,perangkat penilaian, media dan sumber belajar.Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dibuat penerbit atau dikembangkan sendiri oleh guru sesuai dengan keadaan siswa. Selain melakukan perencanaan, proses, dan penilaian, guru harus menggunakan metode pembelajaran yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode problem solving. Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solvingyang dikembangkan dalam penelitian ini memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan perpaduan tahapan pembelajaran pada pendekatan saintifik dengan metode problem solving. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah membuat Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving pada materi barisan dan deret yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (dalam Hobri, 2010) dengan fase penelitian terdiri atas: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, serta (5) fase implementasi. Hanya fase 1 – 4 saja yang digunakan dalam penelitian ini. Uji kevalidan dilakukan oleh validator ahli dan validator praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan menerapkan produk pada 30 siswa kelas XI sebagai subjek uji coba dengan diamati oleh dua orang observer / pengamat. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) skor validasi RPP dan LKS berturut-turut adalah 3,675 dan 3,69; (2) skor kepraktisan 3,59, (3) keefektifan 86,7% siswa mendapatkan nilai ulangan harian di atas SKM. Dengan demikian perangkat pembelajaran ini telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Meskipun begitu, revisi tetap dilakukan berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba demi penyempurnaan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74826

Actions (login required)

View Item View Item