Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient / Rizki Farizha Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient / Rizki Farizha Rahmah

Rahmah, Rizki Farizha (2019) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient / Rizki Farizha Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rahmah Rizki Farizha. 2019. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Subanji M.Si. Kata Kunci proses berpikir penyelesaian masalah matematika Adversity Quotient Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses berpikir siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari Adversity Quotient. Masalah matematika yang digunakan berkaitan dengan teorema Pythagoras. Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika mengacu pada langkah-langkah penyelesaian Polya. Tahap-tahap penyelesaian masalah yang digunakan meliputi memahami masalah membuat rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali solusi. Penelitian diawali dengan memberikan angket Adversity Response Profile (ARP) kepada 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Berdasarkan tes ARP tersebut diperoleh 2 siswa bertipe climber 15 siswa bertipe camper 2 siswa bertipe quitter dan 11 siswa bertipe peralihan. Dari hasil tersebut dipilih 1 siswa tipe climber 1 siswa tipe camper dan 1 siswa tipe quitter untuk diberikan tugas penyelesaian masalah. Pemilihan subjek tersebut berdasarkan pertimbangan dan saran dari guru matematika dengan memperhatikan kemampuan komunikasi siswa. Selanjutnya siswa diwawancara mengenai penyelesaian masalah yang telah dilakukan untuk menggali lebih dalam proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe AQ climber melakukan proses berpikir asimilasi pada tahap memahami masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian. Sedangkan pada tahap membuat rencana penyelesaian dan memeriksa kembali siswa tipe AQ climber melakukan proses berpikir asimilasi dan akomodasi sehingga siswa tipe AQ climber lebih dominan melakukan proses berpikir asimilasi daripada akomodasi dalam menyelesaikan masalah. Siswa dengan tipe AQ camper menyelesaikan masalah dengan melakukan proses berpikir asimilasi pada tahap memahami masalah dan memeriksa kembali solusi sedangkan pada tahap membuat rencana penyelesaian dan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian melakukan proses berpikir asimilasi dan akomodasi. Siswa tipe AQ quitter hanya melakukan proses berpikir asimilasi pada tahap memahami masalah sehingga siswa dengan tipe AQ quitter lebih dominan melakukan proses berpikir akomodasi daripada proses berpikir asimilasi dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74822

Actions (login required)

View Item View Item