Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Lawang dalam menyelesaikan soal trigonometri / Nita Cahya Pratiwi

Pratiwi, Nita Cahya (2019) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Lawang dalam menyelesaikan soal trigonometri / Nita Cahya Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Nita Cahya. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 1 Lawang Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Slamet, M.Si Kata Kunci: analisis, berpikir kritis, trigonometri. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Selanjutnya, untuk mempermudah pendeskripsian berpikir kritis, maka kriteria berpikir kritis yang digunakan yaitu, focus, reason, inference, situation, clarity, overview. Peneliti memberikan tes kemampuan berpikir kritis, yaitu dua soal cerita trigonometri yang diberikan kepada siswa kelas X MIA 7 SMAN 1 Lawang. Selanjutnya untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis, maka dipilih satu dari kategori tinggi, satu dari kategori sedang, dan satu dari kategori rendah. Untuk mendapatkan informasi yang mungkin tidak diperoleh saat tes kemampuan berpikir kritis, maka dilakukan wawancara terhadap ketiga subjek penelitian. Dari hasil penelitian, untuk kategori tinggi, siswa sudah mampu merumuskan informasi dan pokok permasalahan (focus), mampu memberikan alasan berdasarkan fakta yang relevan pada setiap langkah dalam membuat keputusan maupun kesimpulan (reason), mampu dalam membuat kesimpulan dengan tepat serta mampu memilih R (Reason) yang tepat untuk mendukung kesimpulan yang dibuat (inference), mampu menggunakan semua informasi yang sesuai dengan permasalahan (situation), serta mampu memberikan penjelasan yang lebih lanjut tentang apa yang dimaksudkan dalam kesimpulan yang dibuat (clarity). Siswa dengan kategori sedang mampu merumuskan informasi dan pokok permasalahan (focus), mampu memberikan alasan berdasarkan fakta yang relevan pada setiap langkah dalam membuat keputusan maupun kesimpulan (reason), serta mampu menggunakan semua informasi yang sesuai dengan permasalahan (situation). Sedangkan siswa dengan kategori rendah mampu merumuskan informasi dan pokok permasalahan (focus) serta mampu memberikan alasan berdasarkan fakta yang relevan pada setiap langkah dalam membuat keputusan maupun kesimpulan (reason). Persamaan dari ketiga kategori kemampuan berpikir kritis tersebut yaitu pada kriteria focus, reason, serta overview. Sedangkan perbedaan dari kategori kemampuan berpikir kritis yaitu pada kriteria inference, situation, dan clarity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74816

Actions (login required)

View Item View Item