Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem tentang segiempat bagi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Febby Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem tentang segiempat bagi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Febby Kurniawati

Kurniawati, Febby (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem tentang segiempat bagi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Febby Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniawati Febby. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Open-Ended Problem Tentang Segiempat Bagi Siswa Kelas VII SMPN 10 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc Kata Kunci Perangkat Pembelajaran LKS RPP open-ended problem Numbered head together (NHT) bangun datar segiempat Suatu pembelajaran membutuhkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan sekumpulan bahan ajar bagi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan seorang guru dalam menghadapi pembelajaran di kelas (Suhardi 2007 24). Perangkat pembelajaran dibutuhkan untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar anatra siswa dan guru. Namun berdasarkan dialog bersama guru matematika SMP Negeri 10 Malang dapat diketahui bahwa proses pembelajaran matematika hanya memanfaatkan buku paket untuk bahan belajar dan latihan soal bagi siswa karena sekolah tidak menyediakan LKS untuk semester genap. Selain itu siswa mengerjakan soal-soal latihan dengan berpedoman pada rumus yang sudah diberikan pada buku paket namun ketika diberikan pertanyaan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi terkait materi segiempat siswa masih kesulitan dalam menjawab pertanyaan tersebut hal ini dikarenakan kurangnya sumber belajar yang mampu memenuhi kebutuhan siswa secara menyeluruh menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Tidak tersedianya sumber belajar yang mampu meningkatkan partisipasi siswa tersebut menyebabkan minimnya kemungkinan siswa untuk berperan aktif dalam kelas dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yang dimilikinya. Kemampuan berpikir kreatif dapat ditingkatkan dengan penggunaan masalah open-ended dalam pembelajaran. Oleh sebab itu pengembangan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada pembelajaran matematika merupakan hal yang perlu dilakukan. Tujuan penelitian dari pengembangan perangkat pembelajaran adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid praktis dan efektif dalam pembelajaran sehingga diharapkan mampu membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir aktif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan model penelitan Plomp dengan prosedur penelitaian diantaranya adalah 1) Fase Investigasi Awal (Premilinary Research) 2) Fase Perencanaan dan Realisasi (Prototyping Phase) dan 3) Fase Penilaian Produk dan Uji Coba Produk (Asesessment Phase). Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh dua validator yaitu validator ahli dan validator pembelajaran dan diamati oleh tiga observer saat uji coba produk dilapangan. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 15 siswa kelas VII-I SMP Negeri 10 Malang. Hasil validasi terhadap pengembangan produk perangkat pembelajaran diperoleh skor rata-rata sebagai berikut 1) validasi RPP sebesar 3.6 2) validasl LKS sebesar 3.4 3) validasi soal evaluasi sebesar 3.5 4) validasi lembar observasi aktivitas siswa sebesar 3.6 5) validasi lembar observasi guru sebesar 3.5. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan valid. Untuk skor hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata skor 3.4 untuk lembar observasi aktivitas siswa dan rata-rata skor 3.5 untuk lembar observasi aktivitas guru sehingga produk yang dikembangkan dinyatakan praktis jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sementara itu hasil uji keefektifan diperoleh 86% siswa mendapatkan nilai nilai diatas KKM 75 sehingga dapat dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan mampu berperan secara efektif dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari hasil keseluruhan dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran telah valid prektis dan efektif dalam pemebelajaran dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar matematika. Dewan Penguji Anggota Anggota Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Syaiful Hamzah Nasution S.Si M.Pd. NIP 19841123201212 1 001 NIP 19500507 197403 1 002 Ketua Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. NIP 19540306 198203 1 005

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74815

Actions (login required)

View Item View Item