Penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas VIII SMPN 1 Madiun / Ana Siti Rosyidah

Rosyidah, Ana Siti (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas VIII SMPN 1 Madiun / Ana Siti Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah, Ana Siti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Madiun. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Santi Irawati M.Si., Ph.D. Kata Kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Statistika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, disebabkan oleh pembelajaran di kelas yang umumnya berpusat pada guru (teacher center), sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang menjadikan siswa aktif menggali konsepnya sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas VIII SMPN 1 Madiun. Pembelajaran dilakukan dalam siklus berulang yang mana setiap siklusnya memuat empat tahapan, yaitu perencanaan (Plan), tindakan (Do), observasi (See) dan refleksi (Reflection). Langkah pembelajaran pada masing-masing pertemuan disesuaikan dengan tahapan TPS, yakni Think (siswa berpikir secara individu), Pair (siswa berpasangan) dan Share (siswa berbagi). Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan partisipannya adalah siswa kelas VIII D SMPN 1 Madiun sebanyak 30 orang. Pada tahap pendahuluan adalah menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, memberi motivasi tentang pentingnya materi statistika dan mengingat kembali materi sebelumnya. Pada tahap inti: (1) Think, siswa berpikir secara individu mengerjakan LKS bagian Think, (2) Pair, siswa berpasangan dengan teman sebangku mendiskusikan hasil pekerjaan bagian think dan mengerjakan LKS bagian pair secara berpasangan, dan (3) Share, siswa membagikan hasil diskusi di depan kelas dengan cara menuliskan jawaban di papan tulis serta mempresentasikan jawabannya. Pada tahap penutup adalah merangkum isi pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas VIII SMPN 1 Madiun. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir siklus siswa. Pada siklus I, sebanyak 66,67% siswa memiliki nilai lebih dari atau sama dengan 70 (tuntas KKM). Sedangkan pada siklus II, sebanyak 85,71% siswa memiliki nilai nilai lebih dari atau sama dengan 70. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar sebesar 19,04%. Hasil observasi aktivitas guru juga meningkat dari 78,12% menjadi 92,71%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 75% menjadi 90,63%. Dengan demikian, penelitian telah dilaksanakan dengan baik, memenuhi kriteria keberhasilan tindakan dan selesai pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74813

Actions (login required)

View Item View Item