Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk mempermudah pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP / Nailun Wulandhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk mempermudah pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP / Nailun Wulandhari

Wulandhari, Nailun (2019) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk mempermudah pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP / Nailun Wulandhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Wulandhari Nailun. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Mempermudah Pemahaman Konsep pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Ir. Hendro Permadi M.Si. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Contextual Teaching Learning (CTL) Bangun Ruang Sisi Datar Sebagai seorang guru dalam menciptakan suatu pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum perlu digunakan suatu bahan ajar. Salah satu bentuk bahan ajar adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS seharusnya dirancang untuk mendorong siswa menjadi lebih aktif dan mengembangkan budaya membaca dan menulis. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yang diberikan kepada siswa adalah agar siswa mampu menghadapi perubahan di era modern. Siswa perlu menyadari manfaat dari apa yang sedang mereka pelajari untuk kehidupan sehari-hari. Pada umumnya bahan ajar yang disediakan di sekolah hanya buku paket Matematika yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan LKS dari sekolah. Akan tetapi LKS yang digunakan belum bisa membantu siswa secara optimal dalam memperoleh materi matematika. Guru dapat merancang LKS berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk mengatasi permasalahan ini. Penggunakan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam LKS dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan individu dalam bekerja sendiri maupun kelompok. Contextual Teaching Learning (CTL) juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan bermakna bagi siswa. berdasrkan hal tersebut peneliti mengembangkan LKS berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan LKS ini menggunakan tahap model pengembangan 4-D oleh S. Thiagarajan D. S. Semmel dan M. I Semmel yang dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define) desain (design) dan pengembangan (development). Pada penelitian ini akan dilakukan tiga tes uji yaitu uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu satu orang dosen matematika Universitas Negeri Malang dan satu orang praktisi yaitu guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 12 Malang. Setelah LKS dinyatakan valid selanjutnya LKS diujicobakan pada siswa kelas VIII-H yang berjumlah 29 orang siswa yang akan mempelajari bangun ruang sisi datar. Uji kepraktisan produk dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kegiatan siswa dan angket respon siswa. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan melalui tes tulis kepada subjek uji coba setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (1) uji kevalidan dinyatakan valid berdasarkan skor kevalidan LKS yaitu 3 56 dengan kriteria valid (2) uji kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan skor lembar observasi kegiatan guru yaitu 3 55 dengan kriteria praktis skor lembar observasi kegiatan siswa yaitu 3 5 dengan kriteria praktis dan skor angket respon siswa yaitu 3 6 dengan kriteria vi praktis (3) uji keefektifan berdasarkan hasil tes menunjukkan 86 20% siswa mendapatkan nilai di atas KKM atau 72. Dengan demikian Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk siswa kelas VIII SMP dinyatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74810

Actions (login required)

View Item View Item