Analisis kemampuan berpikir abstrak siswa SMA Negeri 3 Malang dalam menyelesaikan soal matematika materi nilai mutlak / Sofia Ashar

Ashar, Sofia (2019) Analisis kemampuan berpikir abstrak siswa SMA Negeri 3 Malang dalam menyelesaikan soal matematika materi nilai mutlak / Sofia Ashar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Ashar, Sofia. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa SMA Negeri 3 Malang dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Nilai Mutlak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Sukoriyanto, M.Si. Kata Kunci: analisis kemampuan berpikir abstrak, nilai mutlak, soal matematika Ketika akan mempelajari suatu materi yang baru, siswa tidak seharusnya meninggalkan materi yang telah dipelajari sebelumnya karena setiap materi yang ada pada matematika saling terkait. Banyak materi pada matematika yang bersifat abstrak, salah satu contohnya adalah materi nilai mutlak. Sulit untuk menghadirkan objek dan bentuk konkret dari materi nilai mutlak. Berdasarkan fakta yang ada, diketahui bahwa siswa SMA Negeri 3 Malang masih kesulitan dalam mengerjakan soal materi nilai mutlak. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir abstrak siswa SMA Negeri 3 Malang dalam menyelesaikan soal materi nilai mutlak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X B-2 SMA Negeri 3 Malang. Berdasarkan nilai rapor, calon subjek digolongkan menjadi 3 kategori kemampuan, yaitu kemampuan berpikir tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan subjek dilakukan dengan memberikan instrumen berupa soal tes. Setelah ditentukan subjeknya, peneliti melakukan wawancara terhadap semua subjek dengan instrumen wawancara. Jawaban soal tes subjek yang telah dipilih dianalisis menggunakan proses analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pemaparan dan penegasan kesimpulan. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil yaitu siswa dengan kategori berkemampuan tinggi dapat membuat model matematika dengan benar serta dapat mengembangkan strategi yang telah dibuat. Siswa dengan kategori berkemampuan sedang mampu mengerti apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, mampu membuat model matematika, mengembangkan strategi yang telah dibuat, serta mampu memberi argumen-argumen terhadap langkah dan keputusan yang telah dilakukan. Siswa dengan kategori rendah dapat mengerti apa yang diketahui dalam soal dan dapat mengembangkan strategi yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74809

Actions (login required)

View Item View Item