Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi matriks / Mila Purwita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi matriks / Mila Purwita Sari

Sari, Mila Purwita (2019) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi matriks / Mila Purwita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Mila Purwita. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Matriks. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematik a dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rustanto Rahardi M.Si. Kata Kunci media pembelajaran multimedia interaktif Adobe Flash CS6 ADDIE matriks. Matematika merupakan mata pelajaran yang membutuhkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajarannya. Keterlibatan siswa secara aktif sangat diperlukan karena matematika berkenaan dengan konsep-konsep abstrak. Untuk melibatkan siswa secara aktif diperlukan suatu model pembelajaran inovatif melalui penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat memperjelas penyampaian materi dan membuat proses pembelajaran matematika lebih menyenangkan dan bersifat interaktif. Salah satu materi dalam matematika yang perlu menggunakan media adalah matriks. Matriks merupakan materi wajib yang diajarkan di SMA. Penguasaan matriks sangat penting karena dapat dimanfaatkan untuk memecahkan permasalahan matematika seperti persamaan linear dan transformasi linear. Namun dalam penelitian sebelumnya diketahui bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matriks hal ini ditunjukkan dengan banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matriks terutama bagian operasi hitung matriks. Untuk itu dibutuhkan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi matriks. Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya salah satu media pembelajaran yang tergolong efektif dalam memahamkan siswa adalah multimedia interaktif. Penggunaan multimedia interaktif dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan memiliki potensi untuk menciptakan lingkungan belajar berkualitas tinggi dengan konteks pembelajaran yang lebih realistis. Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi matriks yang valid praktis dan efektif. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini dikembangkan dengan aplikasi Adobe Flash CS6 dengan hasil produk berbentuk flash. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model ADDIE merupakan salah satu model yang paling umum digunakan dalam desain pengajaran. Model ini memiliki lima tahapan yang saling berkaitan dan terstruktur secara sistematis yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan telah diuji kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu dosen matematika UM sebagai ahli media dan ahli materi serta guru matematika di SMAN 1 Sumberpucung sebagai praktisi lapangan. Setelah media dinyatakan valid maka diujicobakan kepada 30 siswa di SMAN 1 Sumberpucung sebagai subjek uji coba. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan angket respon siswa dan angket respon praktisi lapangan. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan melalui tes evaluasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) uji kevalidan produk diperoleh persentase sebesar 89 13% yang menunjukkan kriteria sangat valid (2) uji kevalidan soal tes evaluasi diperoleh persentase sebesar 92 76% termasuk kriteria sangat valid (3) uji kevalidan RPP diperoleh persentase sebesar 90 63% termasuk kriteria sangat valid (4) uji kepraktisan oleh praktisi lapangan diperoleh persentase sebesar 92 5% termasuk kriteria sangat praktis (5) uji kepraktisan oleh siswa diperoleh persentase sebesar 89 7% termasuk kriteria sangat praktis dan (6) uji keefektifan diperoleh persentase sebesar 83 33% yang menunjukkan kriteria efektif. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif termasuk dalam kategori valid praktis dan efektif dalam memahamkan siswa pada materi matriks. Mengetahui

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74808

Actions (login required)

View Item View Item