Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi lingkaran / Tri Efi

Efi, Tri (2019) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi lingkaran / Tri Efi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Efi, Tri. 2019. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Lingkaran. Skripsi, Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Susiswo, M.Si. Kata Kunci : proses berpikir, asimilasi, akomodasi, masalah matematika Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi lingkaran dengan tahapan langkah pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 04 Malang pada bulan Mei Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas VIII F. Siswa kelas VIII F sejumlah 32 orang diberi tes pemecahan masalah materi lingkaran. Siswa yang dapat menyelesaikan salah satu masalah atau keduanya, mendapat rekomendasi dari guru, dan dapat mengemukakan jawabannya dipilih sebagai subjek penelitian untuk kemudian di wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi melakukan proses berpikir asimilasi pada semua tahap penyelesaian masalah pertama. Siswa melakukan proses berpikir akomodasi pada saat menyelesaikan masalah kedua pada tahap memahami masalah dan merencanakan strategi. Siswa kemudian melakukan proses berpikir asimilasi pada tahap menyelesaikan masalah dan melihat kembali jawaban. Siswa dengan kemampuan matematika sedang pada tahap memahami masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan pengecekkan kembali jawaban pada masalah pertama dan kedua melakukan proses berpikir akomodasi. Sedangkan, pada tahap membuat rencana penyelesaian, siswa dengan kemampuan matematika sedang melakukan proses berpikir asimilasi pada masalah pertama dan akomodasi pada masalah kedua. Siswa dengan kemampuan matematika rendah melakukan proses berpikir asmilasi pada tahap memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, dan pengecekkan kembali masalah pertama dan akomodasi. Pada tahap menyelesaikan masalah, siswa melakukan proses berpikir akomodasi pada kedua soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74807

Actions (login required)

View Item View Item