Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan kategori Watson / Sunarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan kategori Watson / Sunarti

Sunarti (2019) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan kategori Watson / Sunarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sunarti. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Kategori Watson. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sudirman M.Si. Kata Kunci analisis kesalahan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kategori Watson Analisis kesalahan adalah pemeriksaan terhadap pengerjaan siswa untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal. Analisis kesalahan merupakan metode yang efektif untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa. Hasil dari analisis tersebut dapat digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran yang dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami suatu materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan kategori Watson dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini diawali dengan memberikan tes tertulis untuk menentukan 6 siswa yang akan diwawancarai untuk mengetahui kesalahan secara lebih detail. Enam siswa tersebut terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi dua sedang dan dua rendah. vii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan tinggi melakukan kesalahan pada kategori data tidak tepat dan prosedur tidak tepat. Siswa dengan tingkat kemampuan sedang melakukan kesalahan pada kategori manipulasi tidak langsung prosedur tidak tepat kesimpulan hilang dan masalah hierarki keterampilan. Sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan rendah melakukan kesalahan pada kategori masalah hierarki keterampilan data tidak tepat dan kesimpulan hilang. Selain beberapa kategori di atas kategori kesalahan data hilang dan konflik level respon dilakukan oleh semua siswa. Data hilang terjadi ketika siswa menuliskan apa yang diketahui. Sedangkan konflik level respon terjadi ketika menuliskan apa ditanyakan dari soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74806

Actions (login required)

View Item View Item