Pengembangan multimedia interaktif pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Nilam Nur Jazilatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Nilam Nur Jazilatur Rohmah

Rohmah, Nilam Nur Jazilatur (2019) Pengembangan multimedia interaktif pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Nilam Nur Jazilatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmah Nilam Nur Jazilatur. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbinng Dr. Abdul Qohar M.T. Kata Kunci ADDIE Bangun Ruang Sisi Datar Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Swish Max 4 Dengan teknologi media pembelajaran dapat diciptakan sehingga kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan. Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik seperti multimedia pembelajaran membuat pembelajaran cenderung tidak menarik monoton dan membosankan. Salah satu pelajaran yang membutuhkan multimedia pembelajaran yaitu matematika. Hal ini dikarenakan matematika merupakan salah satu ilmu yang mempunyai peran sangat sentral dalam membentuk pola pikir siswa. Kemampuan pola pikir tersebut meliputi pola berpikir yang logis sistematis analitis spasial serta pemecahan masalah dalam kehidupan. Akan tetapi matematika termasuk pelajaran yang dianggap sulit dan tidak disenangi siswa. Salah satu materi matematika yang membutuhkan multimedia pembelajaran yang interaktif dan menarik yaitu bangun ruang sisi datar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di salah satu SMP di Malang peneliti mendapatkan informasi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut karena kurangnya kemampuan spasial siswa SMP. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pengembangan multimedia interaktif pada bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII. Pengembangan multimedia interaktif ini menggunakan software Swish Max 4. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu (1) Analyze (Tahap Analisis) (2) Design (Tahap Perancangan) (3) Develop (Tahap Pengembangan) (4) Implementation (Tahan Implementasi) (5) Evaluate (Tahap Evaluasi). Produk yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi. Produk yang telah divalidasi kemudian diujicobakan kepada 24 siswa kelas VIII SMPN 5 Malang dengan kemampuan heterogen. Berdasarkan hasil uji kevalidan media diperoleh nilai 3 75 kevalidan materi dengan nilai 3 63 serta kevalidan angket respon siswa dengn nilai 3 7 sehingga media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Pada uji kepraktisan media pembelajaran mendapat nilai 3 5 yang diperoleh dari angket respon siswa sehingga media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Sedangkan hasil uji keefektifan diperoleh 83% siswa memperoleh nilai 80 ke atas yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Saran peneliti dalam upaya pengembangan lebih lanjut media pembelajaran ini yaitu peneliti mengharapkan adanya pengembangan media lebih lanjut dengan adanya tambahan ide dari segi interaksi atau tampilan yang lebh baik untuk materi bangun ruang sisi datar maupun materi yang lain. Peneliti juga mengharapkan media pembelajaran ini dapat dikembangkan menjadi produk berbasis Android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74801

Actions (login required)

View Item View Item