Pengembangan media aplikasi android menghafal Al-Qur'an dengan metode gerakan dan cerita bagi anak usia dini / Nurul Istiqomatunnisa

Istiqomatunnisa, Nurul (2018) Pengembangan media aplikasi android menghafal Al-Qur'an dengan metode gerakan dan cerita bagi anak usia dini / Nurul Istiqomatunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomatunnisa, Nurul. 2018. Pengembangan Aplikasi Android Menghafal Al-QurÔÇÖan dengan Metode Gerakan dan Cerita bagi Anka Usia Dini. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe, M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd. Kata Kunci : pengembangan, aplikasi android, menghafal al-qurÔÇÖan, metode gerakan, cerita, usia dini Generasi Alfa merupakan generasi yang lahir setelah tahun 2010, Generasi tersebut lebih dikenal dengan Digital Native Nitizen lahir dan berkembang di era Internet. Anak-anak yang tumbuh pada generasi Alfa dalam kesehariannya tidak lepas dari penggunaan gadget, sehingga mempengaruhi mereka dalam aktifitas sehari-hari seperti gaya belajar hingga hubungan sosial. Untuk itu orangtua memiliki peranan penting dalam mendidik anak. Sebagai keluarga muslim, orangtua diharapkan mampu mengenalkan Al-QurÔÇÖan dengan cara menghafal dan mengenal kisah dibalik surat. Dalam konteks ini mengajarkan anak tentang hafalan dan nilai-nilai Al-QurÔÇÖan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi inovatif yang berjudul Al-Amtsal (Kisah Teladan). Aplikasi android menghafal Al-QurÔÇÖan dengan metode gerakan dan cerita yang memudahkan anak menghafal surat-surat pendek Al-QurÔÇÖan. Aplikasi ini mengajarkan anak untuk menghafal surat Al-Ashr dengan gerakan dari visualisasi arti tiap ayat. Kemudian mengkoneksikan hafalan dengan cerita kisah dibalik surat Al-Ashr. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini untuk menghasilkan aplikasi yang valid dan efektif yang diterapkan di PAUD Terpadu Pelita Hati Malang. Pada pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Lee dan Owens dengan alur : 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa PAUD kelompok B berjumlah 15 siswa. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan Aplikasi Android Menghafal Al-QurÔÇÖan dengan metode gerakan dan cerita ini memenuhi kriteria valid yakni, ahli media 99,00%, ahli materi 85,00%, uji coba perseorangan 90,40%, uji coba kelompok kecil 91,40%, uji coba lapangan 90,40%. Aplikasi ini dinyatakan efektif, hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa yang menunjukan 12 siswa mencapai STPP/Tuntas atau sebesar 80%. Hanya 3 siswa belum mencapai pencapaian perkembangan/Tidak Tuntas. Hasil ini diambil dari hasil belajar setelah menggunakan aplikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item