Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi bentuk aljabar untuk siswa kelas VII SMP Miftahul Huda Kabupaten Blitar / Octavita Cahyaningtyas

Cahyaningtyas, Octavita (2019) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi bentuk aljabar untuk siswa kelas VII SMP Miftahul Huda Kabupaten Blitar / Octavita Cahyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyaningtyas, Octavita. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP Miftahul Huda Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D. Kata Kunci: lembar kegiatan siswa, penemuan terbimbing, bentuk aljabar. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Salah satu bahan ajar yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) karena di dalam LKS terdapat kegiatan-kegiatan yang menuntun siswa untuk aktif dalam menemukan suatu konsep. Salah satu guru matematika kelas VII SMP Miftahul Huda Kabupaten Blitar menggunakan buku paket sebagai buku pegangan siswa, LKS yang berisi latihan soal sebagai tambahan sumber belajar, dan kegiatan pembelajaran berlangsung sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru. Namun kegiatan inti pada RPP dan LKS tersebut tidak memungkinkan siswa terlibat aktif dalam menemukan suatu konsep. Metode yang dapat digunakan guru untuk menuntun siswa aktif menemukan suatu konsep yaitu metode discovery learning. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mengembangkan LKS berbasis discovery learning pada materi bentuk aljabar yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisa, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada penelitian ini dilakukan tiga tes uji, yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator, yaitu dosen matematika sebagai validator ahli, dan guru matematika SMP Miftahul Huda Blitar sebagai validator praktisi. Setelah LKS dinyatakan valid maka LKS diujicobakan pada siswa kelas VII A yang sedang menempuh materi bentuk aljabar sebagai subjek uji coba. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar angket respon siswa yang diisi oleh subjek uji coba, lembar aktivitas guru dan siswa yang diisi oleh dua observer. Sedangkan uji keefektifan produk diperoleh melalui tes formatif kepada subjek uji coba setelah menggunakan LKS yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74799

Actions (login required)

View Item View Item