Proses penanaman nilai tanggung jawab dalam konteks pendidikan karakter di keluarga wilayah Jagalan Kota Malang / Christophorus Ardi Nugraha

Nugraha, Christophorus Ardi (2018) Proses penanaman nilai tanggung jawab dalam konteks pendidikan karakter di keluarga wilayah Jagalan Kota Malang / Christophorus Ardi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Christophorus Ardi. 2017. Proses Penanaman Nilai Tanggung Jawab dalam Konteks Pendidikan Karakter di Keluarga Wilayah Jagalan Kota Malang. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd (II) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd Kata kunci: Pendidikan karakter, Penanaman nilai, Tanggung Jawab, Keluarga Dalam kegiatan rumah belajar di wilayah Jagalan, seringkali dijumpai perkelahian antar anak. Selain itu, ditemukan juga anak-anak yang mudah menyerah dan putus asa saat menjumpai soal-soal latihan yang sulit. Keadaan ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana proses pendidikan karakter dalam keluarga anak-anak ini. Karena itulah dirancang penelitian untuk mengetahui proses penanaman nilai dalam keluarga di wilayah Jagalan. Secara khusus, penanaman nilai yang menjad fokus penelitian adalah penanaman nilai tanggung jawab, karena nilai ini menjadi dasar bagi nilai-nilai atau karakter lainnya. Penelitian dilakukan mulai Bulan Januari 2017 sampai dengan Desember 2017. Pengambilan data dilakukan pada 6 ÔÇô 30 April 2017. Lokasi pengambilan data adalah wilayah RT 11 dan RT 12, RW 6, Kelurahan Sukoharjo, Kota Malang. Subjek penelitian ini terdiri dari sepuluh keluarga. Keluarga yang menjadi subjek penelitian ini dipilih karena sesuai dengan kriteria penelitian, yaitu memiliki anak berusia 6 ÔÇô 18 tahun, orang tua dari anak-anak yang peneliti dampingi, dan tinggal di wilayah Jagalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, in depth interview, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar keluarga telah berusaha menanamkan nilai tanggung jawab kepada anak-anak. Cara behavioristik digunakan oleh sebagian besar keluarga untuk menanamkan nilai tanggung jawab. Proses penanaman nilai tanggung jawab dalam keluarga dimulai dengan menetapkan standar yang ingin dicapai. Bila anak berhasil mencapai standar yang ditetapkan, orang tua memberikan penguatan berupa pemberian barang-barang yang sudah dijanjikan atau penegasan bahwa yang dilakukan itu merupakan hal yang penting. Sebagian besar orang tua memperingatkan anak terlebih dahulu jika proses penanaman nilai belum berhasil. Jika masih gagal terus, baru orang tua memberikan perlakuan fisik. Ada 2 faktor yang membedakan antara keluarga yang memiliki banyak indikator penanaman nilai dan keluarga yang memiliki sedikit indikator penanaman nilai, yaitu a) pembiasaan anak untuk ikut mengurus rumah sejak dini, dan b) komunikasi dua arah antar anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item