Efektivitas komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan cerita / Anna Nur Fadillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan cerita / Anna Nur Fadillah

Fadillah, Anna Nur (2020) Efektivitas komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan cerita / Anna Nur Fadillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadillah Anna Nur. 2019. Efektivitas Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As asri M.Pd M.A. (2) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si Kata Kunci efektivitas komunikasi matematis soal cerita Komunikasi merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai siswa pada tingkat menengah yaitu kemampuan siswa untuk mengkomunikasikan gagasan matematis dengan jelas dan efektif. Mengkomunikasikan gagasan matematis bisa terjadi baik antara siswa dengan guru maupun antara siswa dengan siswa yang lain. Sedangkan cara mengkomunikasikan gagasan matematis bisa dilakukan secara lisan ataupun tertulis. Saat ini proses pembelajaran siswa tidak hanya dituntut untuk mampu memahami konsep matematika secara individu namun harus mampu mengkomunikasikan hasil pemahamannya. Pemahaman yang dimaksud adalah penerimaan yang cermat oleh penerima informasi atas kandungan rangsangan seperti yang dimaksudkan oleh pengirim pesan. Komunikasi dikatakan efektif bila seseorang berhasil menyampaikan apa yang dimaksudkannya. Efekivitas komunikasi dapat dilihat dari kesamaan pemahaman dari pemberi informasi kepada penerima informasi. Efektivitas komunikasi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah efektivitas komunikasi matematis secara tertulis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Penelitianini merupakan jenis penelitian deskriptif. Hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah efektivitas komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hasil validasi instrumen tes tertulis untuk permasalahan 1 adalah 95% permasalahan 2 adalah 91 5% sedangkan hasil validasi pedoman wawancara adalah 91%. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Malang tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari satu siswa kemampuan tinggi sebagai pemberi informasi dan enam siswa sebagai penerima informasi dengan masing-masing dua siswa kemampuan tinggi dua siswa kemampuan sedang dan dua siswa kemampuan rendah. Data penelitian berupa hasil tes tertulis dari subyek pemberi informasi dan hasil tes wawancara baik kepada pemberi informasi maupun kepada penerima informasi dengan menggunakan instrumen yang meliputi (1) tes tertulis pertama berupa soal cerita tentang barisan aritmatika (2) tes tertulis kedua berupa soal cerita tentang deret aritmatika (3) pedoman wawancara. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemberi informasi dan penerima informasi diperoleh kesamaan pemahaman yang meliputi (1) Persentase kesamaan pemahaman antara pemberi informasi dengan siswa kemampuan tinggi adalah 96% (2) Persentase kesamaan pemahaman antara pemberi informasi dengan siswa kemampuan sedang adalah 88% (3) Persentase kesamaan pemahaman antara pemberi informasi dengan siswa kemampuan rendah adalah 88%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunkasi baik antara pemberi informasi dengan siswa kemampuan tinggi komunikasi antara pemberi informasi dengan siswa kemampuan sedang dan komunikasi antara pemberi informasi dengan siswa kemampuan rendah sangat efektif. Berdasarkan hasil wawancara baik kepada pemberi informasi maupun kepada penerima informasi sudah memuat tiga indikator komunikasi efektif yang meliputi (1) Penerima informasi dapat menceritakan kembali pernyataan-pernyataan yang digunakan pada penyelesaian masalah yang diberikan (2) Penerima informasi dapat menjelaskan variabel-variabel yang terdapat pada penyelesaian masalah yang dituliskan pemberi informasi (3) Penerima informasi dapat menceritakan kembali proses penyelesaian masalah yang sudah dituliskan pemberi informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74269

Actions (login required)

View Item View Item