Penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi luas dan keliling segiempat di kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang / Murtiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi luas dan keliling segiempat di kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang / Murtiasih

Murtiasih (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi luas dan keliling segiempat di kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang / Murtiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murtiasih. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Luas dan Keliling Segi Empat di Kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hery Susanto M.Si (II)Drs. Imam Supeno M.S. Kata Kunci Berpikir Kritis Kooperatif Tipe Group Investigation Tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikanpelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigationyang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi luas dan keliling segi empat di kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dua siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelian adalah pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi (1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi (2) hasil tes akhir siklus dan (3) hasil catatan lapangan. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi luas dan keliling segi empat yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) mengidentifikasi topik dan mengatur murid ke dalam kelompok yaitu guru menentukan subtopik yang akan dipelajari yaitu luas dan keliling segi empat dan guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok beranggota 4-5 siswa yang bersifat heterogen (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari yaitu siswa membuat rencana dalam menyelesaikan LKS tentang luas dan keliling segi empat (3) melaksanakan investigasi yaitu siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling segi empat (4) menyiapkan laporan hasil diskusi yaitu siswa menyiapkan hasil diskusi tentang luas dan keliling segi empat yang akan dipresentasikan di depan kelas (5) mempresentasikan laporan hasil diskusi yaitu kelompok yang ditunjuk untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang luas dan keliling segi empat dan (6) evaluasi yaitu siswa dan guru mengevaluasi konstribusi setiap kelompok pada kinerja kelas secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi luas dan keliling segi empat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase penilaian berpikir kritis dari siklus I yaitu 48% dari siswa kelas VII-A memiliki kemampuan berpikir kritis minimal baik dan pada siklus II yaitu 86% dari siswa kelas VII-A memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori minimal baik . Serta nilai tes akhir siklus yang didapat pada siklus I yaitu 57% dari siswa kelas VII-A memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75 dan siklus II yaitu 81% dari jumlah siswa kelas VII-A memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74248

Actions (login required)

View Item View Item