Anggriawan, Rico Dwi (2018) Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X SMA Mahaputra Ampelgading Kabupaten Malang / Rico Dwi Anggriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rico Dwi Anggriawan. 2017. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas X Pada SMA Mahaputra Ampelgading Kabupaten Malang Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom Kata Kunci Metode Diskusi dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Strategi belajar mengajar adalah operasionalisasi dari desain pembelajaran yang telah dirancang strategi belajar-mengajar adalah daya upaya guru dalam menciptakan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar dimana metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK pada Kelas X SMA Mahaputra Ampelgading Kabupaten Malang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif subjek penelitian adalah kelas XSMA Mahaputra Ampelgading Kabupaten Malang. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan analisi data secara kualitatif. Proses analisis data yaitu pemgumputan data reduksi atau penyederhanaan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK Kelas X SMA Mahaputra Ampelgading Kabupaten Malang. Hasil analisis paired samples statistics menunjukkan ringkasan dari rata-rata dan standar deviasi dari kedua perbandingan. Rata-rata nilai pretest siswa adalah 77 75 dan rata-rata nilai postest adalah 80 67 meningkat 2 92 poin. Hasil analisis mean sebesar -2 923 dengan standar deviasinya 1 998. Nilai t hitung -10 547 lebih tinggi dari t tabel sebesar -1 675. Sedangkan nilai Sig (2 tailed) sebesar 0 000 0 05. Sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima berarti ada perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK pada Kelas X SMA Mahaputra Ampelgading Kabupaten Malang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik yang diterapkan telah efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/742 |
Actions (login required)
View Item |