Pengembangan media video pada mata pelajaran komposisi foto digital materi pokok pengoperasian kamera digital untuk siswa kelas XI Multimedia di SMKN 12 Malang / Rendy Setyohadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pada mata pelajaran komposisi foto digital materi pokok pengoperasian kamera digital untuk siswa kelas XI Multimedia di SMKN 12 Malang / Rendy Setyohadi

Setyohadi, Rendy (2018) Pengembangan media video pada mata pelajaran komposisi foto digital materi pokok pengoperasian kamera digital untuk siswa kelas XI Multimedia di SMKN 12 Malang / Rendy Setyohadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyohadi Rendy. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Mata PelajaranProduktifKomposisiFoto DigitalPokokBahasanPengoperasianKamera DigitalKelas XI SMK Negeri 12 Malang.Skripsi JurusanTeknologiPendidikan Program StudiTeknologiPendidikan FIP UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. ZainulAbidin M.pd (II) YerrySoepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Media Video KomposisiFoto Digital PengoperasianKamera Digital Berdasarkanhasilwawancaradenganguru pengampumatapelajaranproduktifkomposisifoto digital kelas XI multimedia SMK Negeri 12 Malang permasalahan yang munculadalahpemanfaatansumberbelajar yang digunakanberupabukupelajaranpengoperasiankamera digital metode yang digunakanialahmetodeceramah diskusidanlatihanterbimbing. Pengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanproduk media video pembelajaranKomposisiFoto Digital yang valid/layak.Sedangkanisidalampengembangan video pembelajaraniniadalahmengenaipokokbahasanteknikpengoperasiankamera digital. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangandengan model Arief S. Sadiman. Kegiatanpengembanganprodukinidivalidasiolehahlimateri ahli media dansiswasecaraperorangan kelompokkecil danujilapangan.Sedangkanefektifitas media video inidilakukanmelaluitesujihasilbelajar. Berdasarkanperhitungan yang diperolehdariahli media menunjukkanpresentasesebanyak97 30% dariahlimateri94.49% darisiswaperorangansebanyak 3 siswa98 59% darisiswakelompokkecilsebanyak 7siswa94 48% dandari data ujilapangandiperolehhasilsebesar93 31%yang berarti media video valid danlayakdigunakan. Sedangkanteshasilbelajar (pre-testdanpost-test) video pembelajarandinyatakanefektif terbuktiseluruhsiswadapatmemenuhi SKM ( 8805 70).Hasilbelajarsiswapadaujicobaperseoranganpada 3 siswa skor rata-rata pada pre-test adalah50%danpada post-test adalah80% halinimenunjukkanpeningkatan30% sedangkanpersentasesiswa yang memenuhi SKM dari 33 3% menjadi 100%.Padaujicobakelompokkecilpada 7 siswa skor rata-rata pada pre-test adalah58 6% danpadapost test90% halinimenunjukkanpeningkatan31 4% sedangkanpersentasesiswa yang memenuhi SKM dari28 6%menjadi 100%.Padaujicobalapanganpada 20 siswa skor rata-rata pada pre-test adalah42 5% danpada post-test 81% halinimenunjukkanpeningkatan40 5% sedangkanpersentasesiswa yang memenuhi SKM dari20% menjadi 100%. Untuk saran pemanfaatan media video inisebaiknyadigunakan guru dalammenyampaikanmatapelajaranproduktifkomposisifoto digitalpokokbahasanpengoperasiankamera digitalsehinggadapatmeningkatkanmotivasisertakemampuanbelajarsiswa.Sedangkan saran bagipengembangberikutnya agar mengembangkan video pembelajaranuntukmatapelajaranlainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item