Rafdi, Gusti (2018) Penerapan model quantum learning pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs Sunan Kalijaga Kota Malang / Gusti Rafdi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK GustiRafdi. 2017.Penerapan Model Quantum Learning Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII MTs Sunan Kalijaga Kota Malang.Skripsi JurusanTeknologi Pendidikan FakultasIlmu Pendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd (II)YerrySoepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Penerapan Quantum Learning Penggunaan model pembelajaran yang tepat di kelasakansangatmembantubagi guru dalam proses pembelajaran Banyak model pembelajaran yang dapatmengatasipermasalahan-permasalahanpada proses pembelajaran di kelas Dengandemikianpemilihan model pembelajaran yang tepatdanefektifsangatdiperlukan demi menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Model pembelajaranmerupakansebuahpedomanataupetunjukmengajar yang dirancanguntukmencapaisuatutujuanpembelajaran.Permasalahan yang dikajiadalahbagaimanapenerapan model quantum learning untuksiswakelasVII MTs pada mata pelajaran IPS . Metode yang digunakan dalam penelitianiniadalahdeskriptifkualitatif. Prosedurpengumpulan data menggunakanwawancara observasi dandokumentasi.Subyekpenelitianini adalah siswa dan siswi berjumlah 25 orang dari MTs SunanKalijaga.Data yang diambilmeliputi bagaimanacara guru menerapkan model quantum learning dantanggapansiswaterhadap model pembelajaran quantum learning. Prosedurpengumpulan data padapenelitianinimenggunakanpedomanwawancara dokumentasidanobservasi. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapan model quantum learning padasiswakelas VII MTs mata pelajaran IPS sangattepatditerapkanpadasiswa kelas VII MTs. Karena disetiapunsur quantum learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa yang terdapatpadakelas VII MTs pada mata pelajaran IPS dimana kualitas pembelajaran adalah masalah utama pada kelas tersebut.Hal inidiperkuatdengantanggapandarisemuasiswa. Siswadansiswitersebutberpendapatbahwapembelajaran quantum learning inisangatmembantusiswadalammencernasuatupelajarandansiswamerasasenangdengan model pembelajaran yang menyenangkanseperti quantum learning ini. Dalampenerapan model quantum learning guru tidakmenemukankesulitan yang berartitetapiadabeberapaunsur quantum learning yang kurangditerapkandenganbaik. Denganhasilpenelitian diatas diharapkan model quantum learning inidiperbaikilagioleh guru dandapatdipakaiteruspadasekolahtersebutuntuk meningkatkanprestasibelajarsiswadanmenambahreferensi guru tentang model-model pembelajaran yang dapat diterapkan pada MTs.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/739 |
Actions (login required)
View Item |