Putra, Feric Andika (2018) Pengembangan media video pembelajaran mata pelajaran teknik pengambilan gambar bergerak Program Keahlian Multimedia kelas XII di SMK Negeri 12 Malang / Feric Andika Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putra F. A. 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak Program Keahlian Mutimedia Kelas XII Di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Video Media Pembelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak Camera Angle Media pembelajaran adalah salah satu komponen penting dalam pembelajaran penggunaan media dapat membantu guru dalam penyampaian materi. Media video pembelajaran merupakan salah satu media yang saat ini gencar digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Berbeda dengan media teknologi cetak (Buku Majalah dll) media berbasis komputer membeikan informasi atau materi dalam bentuk digital seperti media video. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan produk Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak untuk Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan yang layak untuk digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran (2) menguji kevalidan Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak untuk Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan apabila diterapkan dalam pembelajaran. Metode Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman yang secara garis besar dapat dijelaskan sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) analisis tujuan (3) pengembangan materi pembelajaran (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penyusunan naskah (6) produksi media (7) validasi (8) revisi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media ahli materi dan audiens. Media video pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media sebanyak satu orang ahli materi sebanyak 1 orang serta audiens sebanyak 30 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari dari media video pembelajaran ini dinyatakan valid dengan perhitungan ahli media 96% dengan komentar sebagai berikut (a) saran penulisan bahasa saat dicampur dengan language (b) Tata tulisan. Ahli materi 93% sehingga dinyatakan valid dan hasil uji coba pada 30 siswa 92% dinyatakan valid. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran valid digunakan dalam proses pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran teknik pengambilan gambar bergerak materi pokok camera angle.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
View Item |