Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari pada kelas VII SMPN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Ciptaning Rahajeng Prawesti

Prawesti, Ciptaning Rahajeng (2019) Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari pada kelas VII SMPN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Ciptaning Rahajeng Prawesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prawesti, Ciptaning Rahajeng. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Sub Bidang Seni Tari pada Kelas VII SMPN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ninik Harini, M.Sn (II) Hartono, S.Sn, M.Sn Kata Kunci: Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi yang dilakukan pada pembelajaran seni budaya sub bidang seni tari kelas VII. Diketahui bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya sub bidang seni tari masih banyak yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimal 75. Hal tersebut disebabkan oleh pemilihan dan penerapan model pembelajaran diskusi kelompok kecil yang didominasi beberapa siswa yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sub bidang seni tari pada kelas VII SMPN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Peneliti mengambil sampel dua kelas yaitu kelas VII A dan Kelas VII H dari jumlah keseluruhan kelas VII yaitu sembilan kelas yang ada pada SMPN 1 Genteng untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dua kelas tersebut akan mendapatkan perlakuan berbeda, yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran jigsaw sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validasi, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 86,06, sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,21. Nilai thitung yang diperoleh adalah 1,933 sedangkan ttabel adalah 1,69. Diketahui bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel maka terdapat pengaruh signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian penelitian model pembelajaran jigsaw disarankan agar dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran pada setiap pembelajaran seni budaya sub bidang seni tari di semua kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73649

Actions (login required)

View Item View Item