Sayekti, Alif Lintang (2019) Nilai-nilai pendidikan dalam tari Ngabuling yang disajikan oleh SMPN 4 Malang pada event FLS2N tahun 2014 / Alif Lintang Sayekti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sayekti Alif Lintang 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Yang Terkandung Dalam Tari Ngabuling Karya Tri Idha Rochana Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Robby Hidajat M.Sn (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata kunci koreografi nilai pendidikan estetika Tari Ngabuling merupakan salah satu tarian ciptaan Tri Idha Rochana yang dibawakan oleh murid-murid SMPN 4 Malang. Tari Ngabuling menjuarai lomba FLS2N dan mendapatkan peringkat 5 penyaji terbaik di tingkat kota provinsi dan nasional. Umumnya setiap tarian memiliki nilai-nilai pendidikan yang terkadung didalamnya maka darinya peneliti tertarik untuk mencari nilai-nilai pendidikan yang ada pada tari Ngabuling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan pengalaman dan pengajaran yang sama pada generasi selanjutnya melalui nilai-nilai pendidikan yang diusung pada tari Ngabuling agar value dari tari Ngabuling tetap terjaga. Sehingga nilai-nilai pendidikan dan spirit dari penari sebelumnya bisa tetap berlanjut pada generasi selanjutnya yang membawakan tari Ngabuling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif menggunakan data berupa hasil wawancara dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Malang. Data hasil wawancara diperoleh dari narasumber utama yaitu Tri Idha Rochana data dukung wawancara diperoleh dari Ika Pratiwi sebagai evaluator Andhika Khairunnisa dan Indri Dwi Yunitasari sebagai penonton. Observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu penampilan kembali tarian tersebut di studio praktikum sekolah. Data dokumentasi diperoleh dari dokumen yang disimpan dalam bentuk video yang dimiliki oleh SMPN 4 Malang dan diizinkan untuk digunakan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai ilmu pengetahuan sesuai dengan metode yang diajarkan kepada siswa dan tentang bagaimana kesejarahan dalam tari Ngabuling. (2) nilai keterampilan didapatkan dari keterampilan siswa dalam berlatih dan membawakan tari Ngabuling. (3) nilai religius dalam tari Ngabuling tentang bagaimana cara kita bertaqwa kepada Tuhan YME dan mensyukuri nikmat yang diberikan. (4) nilai keindahan dari tari Ngabuling terdapat pada bentuk gerak yang disesuaikan dengan gerak Malangan. Kesimpulan yang didapat melalui penelitian ini adalah tari Ngabuling mempunyai nilai-nilai pendidikan yang bisa memberikan pembelajaran bagi siswa dan guru yang akan membawakan tari Ngabuling pada generasi selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/73648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |