Penerapan metode modelling untuk meningkatkan keterampilan memainkan alat musik pianika pada siswa kelas VII-5 di SMP Negeri 14 Kota Malang / Dita Widyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode modelling untuk meningkatkan keterampilan memainkan alat musik pianika pada siswa kelas VII-5 di SMP Negeri 14 Kota Malang / Dita Widyawati

Widyawati, Dita (2019) Penerapan metode modelling untuk meningkatkan keterampilan memainkan alat musik pianika pada siswa kelas VII-5 di SMP Negeri 14 Kota Malang / Dita Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyawati Dita. 2019. Penerapan Metode Modelling untuk meningkatkan keterampilan memainkan alat musik pianika pada siswa kelas VII-5 di SMP Negeri 14 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. EW. Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Rully Aprilia Zandra S.Pd M.Pd M.Sn Kata Kunci Keterampilan Memainkan Alat Musik Pianika Metode Modelling Metode pembelajaran merupakan salah satu bagian strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam teknik penyajian materi. Salah satu metode yang membuat peserta didik ikut terlibat dalam pembelajaran adalah metode modelling. Metode modelling dalam kegiatannya menggunakan model sebagai sumber belajar yang dapat dirancang melibatkan siswa. Salah satu sekolah di kota Malang yang melaksanakan pembelajaran seni budaya bidang studi musik dan masih terjadi permasalahan adalah kelas VII-5 di SMPN 14 Malang pada pembelajaran memainkan alat musik pianika. Permasalahannya adalah siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran masih banyak siswa yang kesulitan dalam memainkan alat musik pianika kurangnya kemandirian siswa dalam berlatih pianika. Sehingga diketahui hasil belajar kelas VII-5 berada dibawah KKM (75) dengan persentase ketuntasan 35 29% dari 34 siswa . Berdasarkan hal tersebut alasan penelitian dilakukan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar keterampilan memainkan alat musik pianika pada kelas VII-5 di SMP Negeri 14 Kota Malang melalui penerapan metode Modelling. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Prosedur penelitian meliputi 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang nilainya tuntas di atas KKM sejumlah 20 siswa dengan persentase 58 82% dan siswa yang nilainya tidak tuntas dibawah KKM sejumlah 14 siswa dengan persentase 41 17%. Oleh karena itu dilakukan siklus II. Pada siklus II siswa yang nilainya tuntas di atas KKM sejumlah 32 siswa dengan persentase 94 11% dan siswa yang nilainya tidak tuntas dibawah KKM sejumlah 2 siswa dengan persentase 5 88%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Modelling dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga mencapai 94 11% dengan demikian penelitian disarankan guru dapat menggunakan penerapan metode Modelling sebagai salah satu alternatif metode yang dapat digunakan pada setiap pembelajaran Seni Budaya sub bidang seni musik di semua kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73647

Actions (login required)

View Item View Item