Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya (seni tari) kelas VIII di SMPN 1 Sumberasih Kabupaten Probolinggo / Devi Damaianti

Damaianti, Devi (2019) Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya (seni tari) kelas VIII di SMPN 1 Sumberasih Kabupaten Probolinggo / Devi Damaianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damaianti, Devi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Kelas VIII Di SMPN 1 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd, (II) Hartono S.Sn., M.Sn Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran, cooperative script Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative script yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurang sesuai menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini yang menjadi alasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya (seni tari) kelas VIII di SMPN 1 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen (model pembelajaran cooperative script) dengan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu/ Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumberasih. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga kelas VIII E dan VIII G yang terpilih. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (Independen Sampel t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative script sebagai berikut: hasil belajar kognitif siswa meningkat setelah mendapatkan perlakuan. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 84,6 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77,2. Hasil hipotesis yang telah diperoleh yaitu nilai signifikansi (2 tailed) pada equal variances assumed sebesar 0,02 < 0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) kelas VIII SMPN 1 Sumberasih. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam perbaikan kualitas pembelajaran dan juga mewujudkan pembelajaran yang efektif di SMPN 1 Sumberasih. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh model pembelajaran cooperative script dengan mengukur hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73645

Actions (login required)

View Item View Item