Hubungan persepsi siswa tentang penggunaan model cooperative learning dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran seni tari / Aurum Corolla Naafi'kajaya

Naafi'kajaya, Aurum Corolla (2019) Hubungan persepsi siswa tentang penggunaan model cooperative learning dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran seni tari / Aurum Corolla Naafi'kajaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Naafi’kajaya, Aurum Corolla. 2018. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Model Cooperative Learning Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pemebelajaran Seni Tari.Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd., (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd., M.Pd. Kata Kunci :cooperative learning, motivasi, minat , seni tari Kesadaran berkesenian dapat ditumbuhkan melalui proses pembelajaran seni budaya yang dilakukan di sekolah. Kesadaran berkesenian dapat ditumbuhkan melalui proses pembelajaran dengan cara memberikan motivasi belajar untuk meningkatkan minat siswa terhadap materi seni budaya (seni tari). Proses pembelajaran yang dilakukan tidak lepas dari peran seorang guru dan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar tercapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran Cooperative Learning, merupakan salah satu model pembelajaran yang dipilih untuk melihat motivasi belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran terhadap mata pelajaran seni budaya (seni tari) di SMP Negeri 2 Panji. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang persepsi siswa tentang penggunaan model Cooperative Learning dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran seni tari menggunakan model Cooperative Learningdi kelas VII SMP Negeri 2 Panji. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase dalam bentuk tabel dan deskripsi dari angka pada tabel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 4 kelas dengan total berjumlah 128 siswa. Sampel yang di ambil sebanyak 35 siswa dari 128 keseluruhan jumlah siswa kelas VII di SMP Negerei 2 Panji. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, penelitian ini menunjukkan bahwapersepsi siswa tentang penggunaan model Cooperative Learning terhadap pembelajaran seni tari sebanyak 14 siswa dengan persentase 40% dalam klasifikasi sangat tinggi, 19 siswa dengan persentase 54% dalam klasifikasi tinggi, dan 1 siswa dengan persentase 3% dalam klasifikasi rendah.Kedua, persepsi siswa terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran seni tari menggunakan model Cooperative Learning sebanyak 3 siswa dengan persentase 9% dalam klasifikasi sanggat tinggi, 29 siswa dengan persentase 83% dalam klasifikasi tinggi, dan 2 siswa dengan persentase 6% dalam klasifikasi rendah. Hasil penelitian dapat digunakan guru atau pendidik agar mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran seni tari baik menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning atau yang lain. Ketepatan pemilihan model pembelajaran dan pengelolaan kelas oleh guru, berpengaruh terhadap kelangsungan proses pembelajaran di kelas serta motivasi belajar siswa dalam menangkap materi dan mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73643

Actions (login required)

View Item View Item