Strategi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMK Negeri 2 Malang / Sri Ramdani - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMK Negeri 2 Malang / Sri Ramdani

Ramdani, Sri (2019) Strategi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMK Negeri 2 Malang / Sri Ramdani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramdani Sri. 2019. Strategi Pembelajaran dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Robby Hidajat M.Sn (II) Kelik Desta Rahmanto M.Pd Kata Kunci Strategi Pembelajaran Paduan Suara. SMK Negeri 2 Malang merupakan sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermusik dikarenakan keterbatasan waktu intrakurikuler. SMK Negeri 2 Malang telah menerapkan pembelajaran seni musik khususnya dalam kegiatan ekstrakurikuler sejak tahun 2015 yang memiliki jadwal pelatihan rutin setiap hari rabu dan sabtu tanpa dipungut biaya. Prestasi yang dicetak oleh paduan suara SMK Negeri 2 Malang dalam bidang musik yaitu tingkat regional dan provinsi meskipun guru dari unit kegiatan tersebut tidak berlatar belakang pendidikan seni musik. Strategi pembelajaran yang tepat diperlukan guru guna mencapai prestasi dan tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru sehingga siswa bisa mencapai prestasi menjadi acuan peneliti ingin mengetahui strategi yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMK Negeri 2 Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memusatkan pada suatu obyek tertentu. Pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Penelitian ini difokuskan pada strategi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMK Negeri 2 Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam strategi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMK Negeri 2 Malang meliputi tiga hal 1) Pengorganisasian pembelajaran. Komponen dari pengorganisasian adalah tujuan pembelajaran yaitu untuk mengembangkan dan mengekspresikan bakat dan minat siswa dalam bidang musik materi pembelajaran disusun berdasarkan kemampuan siswa metode pembelajaran yang diterapkan ada tiga metode yaitu metode ceramah metode demonstrasi dan metode drill media pembelajaran yang digunakan yaitu keyboard dan partitur lagu penilaian pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu penilaian proses dan penilaian hasil 2) penyampaian pembelajaran dikelompokkan menjadi tiga tahap yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup 3) pengelolaan pembelajaran difokuskan pada kondisi siswa dan kondisi lingkungan belajar. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat tiga strategi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara yaitu pengorganisasian pembelajaran penyampaian pembelajaran serta pengelolaan pembelajaran yang berkaitan. Saran peneliti untuk guru diharapkan dapat mengembangkan strategi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73642

Actions (login required)

View Item View Item