Pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII-B di SMPN 1 Bandung Tulungagung / Narulita Muji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII-B di SMPN 1 Bandung Tulungagung / Narulita Muji Lestari

Lestari, Narulita Muji (2020) Pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII-B di SMPN 1 Bandung Tulungagung / Narulita Muji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Narulita Muji. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari Pada Siswa kelas VIII-B Di SMPN 1 Bandung Tulungagung. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd Pembimbing (II) Hartono S.Sn M.Sn Kata kunci Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari Pelaksanaan Pembelajaran diartikan sebagai suatu proses menciptakan lingkungan sebaik-baiknya agar terjadi kegiatan belajar yang berdayaguna. Pembelajaran seni tari merupakan kegiatan yang sejalan dengan pendidikan formal maksudnya kegiatan yang diselenggarakan di sekolah pada jam pelajaran di kelas khususnya mata pelajaran seni tari dan memiliki guru yang berkompeten di bidang seni. Maka dari itu dibutuhkan pelaksanaan pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran seni tari di SMPN 1 Bandung Tulungagung agar peserta didik lebih mencintai seni budaya yang harus dilestarikan. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII-B di SMPN 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII-B di SMPN 1 Bandung. Hasil data yang ingin dipaparkan antara lain adalah hasil wawancara observasi serta dokumentasi mengenai pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII-B di SMPN 1 Bandung Tuungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII-B adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Metode yang diguakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII-B yang digunakan oleh guru antara lain perencanaan pembelajaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan valuasi embelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi tujuan ateri metode dan media. Peasanaan kegiatan pmbelajaran meliputi kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Evluasi pembelajaran meliputi penilaian harian dan penilaian akhir. Kesimpulan yang didapat melalui penelitian ini memuat tiga hal yaitu perencanaan pembelajaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian serupa agar dapat memperoleh pengetahuan yang lebih banyak mengenai pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73640

Actions (login required)

View Item View Item