Pengembangan media pembelajaran Tari Rondhing berbasis buku ajar untuk siswa kelas X IPA 1 SMAN 2 Pamekasan / Robi Fajriansyah

Fajriansyah, Robi (2020) Pengembangan media pembelajaran Tari Rondhing berbasis buku ajar untuk siswa kelas X IPA 1 SMAN 2 Pamekasan / Robi Fajriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajriansyah, Robi, 2019, Buku Ajar Tari Rondhing Sebagai Bahan Ajar Kelas X IPA I di SMA Negeri 2 Pamekasan, Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Robby Hidajat,M.Sn. (II) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Buku Ajar, Tari Rondhing , SMA Negeri 2 Pamekasan Mata pelajaran seni budaya dengan kajian seni tari di SMA Negeri 2 Pamekasan kurang dipahami oleh siswa kelas X. Hal ini dikarenakan buku ajar seni budaya digabung dengan materi seni rupa, seni musik, dan teater, sehingga tidak menjelaskan secara lengkap mengenai materi seni tari. Kompetensi Dasar yang digunakan yaitu 3.4 menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis, dan fungsi tari tradisional. Sehingga sekolah meminta untuk dibuatkan bahan ajar berupa buku ajar tari sebagai penunjang pembelajaran. KKM mata pelajaran seni budaya yaitu 75. Sedangkan siswa kelas X IPA I merupakan kelas dengan nilai rata-rata seni budaya terendah dari 8 kelas lainnya dimana dari 35 siswa hanya 21 siswa memiliki nilai diatas KKM. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk membuat buku ajar tari Rondhing dengan materi bentuk gerak tari, jenis gerak tari, fungsi tari, dan nilai estetis tari. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode research and development oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian sebagai berikut: (1) pra produksi (pengumpulan data dan perencanaan desain produk), (2) produksi (pembuatan produk awal, uji validasi tahap I, revisi hasil validasi produk tahap I, uji coba kelompok kecil (10 siswa), uji validasi tahap II, revisi hasil validasi produk tahap II, uji coba kelompok besar (35 siswa), (3) pasca produksi (produk buku teks). Validasi dilakukan oleh ahli materi (seniman tari), ahli desain (dosen Seni dan Desain), ahli bahasa (dosen Sastra Indonesia), dan diujikan pada siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Pamekasan. Diseminasi produk tidak dilakukan karena buku ajar hanya untuk keperluan penelitian dan keterbatasan biaya produksi buku ajar. Buku ajar tari Pamekasan berisi tentang asal-usul, sinopsis, bentuk gerak tari, jenis gerak tari, nilai estetis tari, fungsi tari, dan instrumen pengiring tari Rondhing. Buku ajar tari Rondhing dilengkapi gambar, rangkuman, dan evaluasi. Hasil validasi dinyatakan valid atau layak setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II. Hasil uji validasi akhir tahap II dinilai oleh ahli desain (96,4%), ahli materi (100%), ahli bahasa (97,2%), dan diuji cobakan kepada 35 siswa dengan hasil uji pre test (55%) dan hasil uji post test (94,5%). Buku ajar tari Rondhing dinyatakan valid sebagai bahan ajar untuk peningkatan hasil belajar seni budaya. Penelitian ini mengharapkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan media berupa buku ajar menarik untuk digunakan dalam pembelajaran seni budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73638

Actions (login required)

View Item View Item