Pengembangan video tutorial tari sanduk untuk mata pelajaran seni budaya kelas VII A di SMP Arjuno Kota Batu / Helvi Ananda Alfianita

Alfianita, Helvi Ananda (2020) Pengembangan video tutorial tari sanduk untuk mata pelajaran seni budaya kelas VII A di SMP Arjuno Kota Batu / Helvi Ananda Alfianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfianita, Helvi Ananda. 2019. Pengembangan Video Tutorial Tari Sanduk untuk Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII A di SMP Arjuno Kota Batu. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati, M.Pd, (II) Rully Aprilia Zandra, S.Pd, M.Pd, M.Sn Kata kunci: Video tutorial, Seni budaya, Tari Sanduk. Pelaksanaan pembelajaran seni tari di SMP Arjuno Kota Batu dengan menggunakan buku paket dirasa kurang meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Seni Budaya di SMP Arjuno Kota Batu yaitu 75 dan nilai yang diperoleh siswa kelas VII A 60% masih dibawah KKM. Guru menyarankan untuk mebuat video pembelajaran untuk meningkatkan nilai siswa karena masih belum ada media pebelajaran seni budaya tari di SMP Arjuno Kota Batu. Tujuan dari penelitian dan pengembangan adalah mengembangkan media pembelajaran video tutorial tari Sanduk bagi peserta didik kelas VIIA di SMP Arjuno Kota Batu dan untuk membantu peserta didik dalam proses belajar. Model penelitian dan pengembangan menggunakan metode research and development oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian yaitu (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi tahap I (oleh ahli materi dan ahli media), (5) revisi desain, (6) uji coba produk kelompok kecil (oleh 5 siswa), (7) revisi produk, (8) validasi tahap II (oleh ahli materi dan ahli media) (9) uji coba produk kelompok besar (oleh 17 siswa), (10) revisi produk, (11) produksi. Instrumen pengambilan data diujikan dan dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VII A SMP Arjuno Kota Batu sebagai uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran video tutorial tari Sanduk ini berisi 8 bagian video yang terdiri dari : (a) Tampilan intro, (b) Tampilan awal berisi daftar isi video tutorial tari Sanduk, (c) Sinopsis tari Sanduk, (d) Tutorial tari sanduk (e) Ragam gerak tari sanduk mencakup 2 slide yaitu 1. Slide nama ragam gerak tari Sanduk, slide ke dua tutorial ragam gerak tari Sanduk, (f) tutorial tata rias mencakup 2 slide yaitu, slide pertaama komponen tata rias, slide ke dua video tutorial tata rias tari Sanduk, (g) Tutorial tata busana mencakup 2 slide yaitu, slide pertama komponen tata rias, slide 2 tutorial tata busana , (h) Penutup berisi 1 slide ucapan terimakasih. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran video tutorial tari Sanduk. Dengan adanya video tutorial tari Sanduk, sebesar 94% siswa kelas VII A SMP Arjuno dapat mencapai nilai sesuai dengan KKM sekolah yaitu 75, naik 50% dari sebelum ada media. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk membuat media pembelajaran buku paket tari Sanduk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73635

Actions (login required)

View Item View Item