Pengaruh lagu bagimu negeri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Negeri 2 Pakisaji / Rizky'a Putri Dini

Dini, Rizky'a Putri (2020) Pengaruh lagu bagimu negeri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Negeri 2 Pakisaji / Rizky'a Putri Dini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Dini, Rizky’a. 2019. Pengaruh Lagu Bagimu Negeri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakisaji. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd., (II) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Lagu Bagimu Negeri, Meningkatkan Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPKn. PPKn adalah singkatan dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang dulunya dikenal dengan PMP dan sekarang menjadi PPKn. PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari siswa di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Pakisaji mengajarkan siswa untuk mempunyai tanggung jawab berwarga negara dengan baik. Sebagian besar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakisaji belum menceriminkan sikap berwarga negara yang baik di lingkungan sekolah. SMP Negeri 2 Pakisaji merupakan sekolah di Kabupaten Malang yang di gunakan peneliti untuk menerapkan lagu Bagimu Negeri untuk meningkathan hasil belajar dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh lagu Bagimu Negeri terhadap tanggung jawab berwarga negara untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakisaji. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design. Jenis desain yang digunakan peneliti yaitu Nonequivalent Control Group Design . Pengambilan data menggunakan pre test dan post test . Populasinya adalah siswa SMP Negeri 2 Pakisaji. Penentuan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan tektik purposive sampling pada kelas VIII SMP Negeri 2 Pakisaji . Kelas VIII-A terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing kelas berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes tertulis, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen untuk mengukur prestasi hasil belajar menggunakan pre test dan post test yang berbentuk tes tertulis. Validitas instrumen tes diuji menggunakan rumus validitas empiris dan untuk mengetahui reliabilitasnya diuji dengan rumus alpha. Uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas dilakukan dengan uji fisher (uji F), dan uji hipotesis dilakukan dengan t-test atau uji t. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen setelah pre test sebesar 67,38 dan post test sebesar 80,1538. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 70,42 dan post test sebesar 78,8462. Uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil signifikansi 0,39 < 0,05. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan nilai pada kelas eksperimen saat diberi perlakuan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh untuk perlakuan menyanyikan lagu Bagimu Negeri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73634

Actions (login required)

View Item View Item