Eksistensi band begundal lowokwaru dalam industri musik kota Malang / Bagus Satrio Mulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi band begundal lowokwaru dalam industri musik kota Malang / Bagus Satrio Mulya

Mulya, Bagus Satrio (2020) Eksistensi band begundal lowokwaru dalam industri musik kota Malang / Bagus Satrio Mulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Satrio Bagus M. Eksistensi Band Begundal Lowokwaru Pada Industri Musik Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Soerjo Wido Minarto M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata Kunci Eksistensi Band Begundal Lowokwaru Industri Musik kota Malang Begundal Lowokwaru adalah salah satu band yang masih ekesis pada industri musik di kota Malang band ini lahir pada tahun 1999 memiliki lebih dari 7 album musik yang semuanya adalah karya karya sendiri. Begundal Lowokwaru beperan aktif pada industri musik dikota Malang kontribusi yang diberikan kepada kota Malang melalui karya dan pertunjukan diluar kota Malang. Band yang berumur 20 tahun ini memiliki berbagai cara untuk bertahan dan memperkenalkan band memperkenalkan musik Begundal Lowokwaru melalui tour pernah dilakukan diseluruh Indonesia kecuali di Papua. Kalangan luar negeri pernah dikunjungi seperti negara tetangga Malaysia Singapura Thailad Filipina. Tidak hanya promo band Begundal Lowokwaru juga pernah menghiasi acara musik berskala internasional seperti Syncronize fest Kick fest Indiecloth Sound drenaline dan banyak event lagi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) Eksistensi band Begundal Lowokwaru dari awal berdiri tahun 1999 sampai 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di antz studio yang berada di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Narasumber utama dalam penelitian ini adalah Gebyar Waluyo Chipeng dan Indra. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data di mulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Band Begundal Lowokwaru bertahan dan membuat karya baru merupakan kunci agar band bisa ekesis dan bertahan dengan jangka yang panjang. Konsep kekeluargaan adalah salah satu kunci band Begundal Lowokwaru bertahan selama 20 tahun. Kesimpulan yang diperoleh melalui penelitian ini adalah band akan berumur panjang dan memiliki banyak penggemar ketika memiliki banyak karya selain itu karya juga harus diperkenalkan kepada masyarakat luas bisa melalui komunitas yang ada didalam kota dan juga bisa diperkenalkan melalui komunitas diluar kota atau penyelenggara event diluar kota melalui tour yang diadakan oleh band tersebut. Brand dan kekonsistenan juga merupakan kunci utama band untuk bertahan dalam jangka waktu yang panjang dalam band Begundal Lowokwaru mengusung konsep kekeluargaan dan sukses bertahan selama lebih dari 20 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73632

Actions (login required)

View Item View Item