Video pembelajaran tari topeng Grebeg Jawa Glagahdowo untuk kelas VIII C SMP Negeri 1 Tumpang / Hana Sih Setya Rahayu

Rahayu, Hana Sih Setya (2020) Video pembelajaran tari topeng Grebeg Jawa Glagahdowo untuk kelas VIII C SMP Negeri 1 Tumpang / Hana Sih Setya Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Hana Sih Setya. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tari Topeng Grebeg Jawa Glagahdowo Untuk Kelas VIII C SMP Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) dra. E. Wara S.D.P. M,Pd (II) Rully Aprilia Zandra, S.Pd, M.Pd, M.Sn Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video, Tari Topeng Grebeg Jawa Glagahdowo Mata pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Tumpang selama ini menggunakan media pembelajaran dan bahan ajar buku paket dan LKS. Penggunaan keduanya tidak meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa karena materi tari tidak spesifik sesuai yang diajarkan oleh guru. Selain itu, siswa tidak memiliki minat dalam membaca. Kedua hal tersebut merupakan faktor ketidaktercapaian KKM. Nilai KKM Seni Budaya di SMP Negeri 1 Tumpang yaitu 75. Sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa kelas VIII C yaitu 67, 65% masih di bawah nilai KKM, sehingga guru menyarankan untuk membuat media pembelajaran berupa video. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk membuat video pembelajaran tari Topeng Grebeg Jawa Glagahdowo dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode Research and Development oleh Borg & Gall dengan 11 langkah, yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data dan informasi, (3) perencanaan (menyusun video pembelajaran), (4) pengembangan produk awal, (5) uji validasi tahap 1 (validasi oleh ahli materi dan media), (6) revisi hasil uji validasi tahap 1, (7) uji kelompok kecil (dilakukan oleh 5 orang siswa), (8) revisi produk tahap 2, (9) uji validasi tahap 2 (validasi oleh ahli materi dan media), (10) uji kelompok besar, dan (11) hasil akhir produk media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan berupa video pembelajaran tari Topeng Grebeg Jawa Glagahdowo berisi unsur utama yaitu ragam gerak dan unsur pendukung yaitu sinopsis, karakteristik kostum, tata cara pemakaian kostum, dan notasi gending. Media pembelajaran ini dilengkapi dengan gambar, iringan musik, dan dubbing pada setiap slide. Hasil validasi dinyatakan layak setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II. Hasil validasi tahap 1 oleh ahli materi 1 yaitu 86,1%, hasil validasi oleh ahli materi 2 yaitu 81,2%, hasil validasi oleh ahli materi 3 yaitu 64,2%, hasil validasi oleh ahli media yaitu 100%. Sedangkan hasil validasi tahap 2 oleh ahli materi 1 yaitu 100%, hasil validasi oleh ahli materi 2 yaitu 100%, hasil validasi oleh ahli materi 3 yaitu 96,4%, hasil validasi oleh ahli media yaitu 100%. Hasil uji validasi akhir tahap II dinilai oleh ahli materi 1 meningkat 13,9%, uji validasi oleh ahli materi 2 meningkat 18,8%, uji validasi oleh ahli materi 3 meningkat 32,2%, uji validasi oleh ahli media (100%), dan diuji cobakan kepada 31 siswa dengan hasil uji pretest (65,1%) serta hasil uji posttest (82,5%). Video tersebut dinyatakan layak sebagai media pembelajaran dengan adanya peningkatan hasil belajar pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini mengharapkan agar peneliti selanjutnya dapat mengembangkan bahan ajar buku tari Topeng Grebeg Jawa Glagahdowo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73631

Actions (login required)

View Item View Item