Media pembelajaran video tari Lahbako untuk siswa kelas XI di SMA Negeri Jenggawah Jember / Putri Ragil Januarti

Januarti, Putri Ragil (2019) Media pembelajaran video tari Lahbako untuk siswa kelas XI di SMA Negeri Jenggawah Jember / Putri Ragil Januarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Januarti, Putri Ragil. 2019. Media Pembelajaran Video Tari Lahbako Untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri Jenggawah Jember. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Robby Hidajat, M.Sn, (2) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Audio Visual, Tari Lahbako Siswa kelas XI SMA Negeri Jenggawah Jember kurang tertarik dengan pelajaran seni budaya. Khususnya pada materi yang menjadi muatan lokal yaitu tari Lahbako dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang menarik, sehingga sekolah membutuhkan media pembelajaran yang menarik yaitu video peembelajaran tari Lahbako. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran tutorial tari Lahbako yang mencakup tujuan media pembelajaran, sejarah tari Lahbako, dan nama ragam gerak dilengkapi cara melakukan ragam gerak beserta hitungan yang bertujuan agar siswa lebih cepat mengingat, dan dilengkapi tarian secara utuh. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode Borg & Gall yang meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Berdasarkan kebutuhan peneliti, metode penelitian dan pengembangan Sugiyono mengalami modifikasi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) produksi, (5) validasi produk I, (6) revisi produk I, (7) uji coba kelompok kecil, (8) revisi produk II, (9) validasi produk II, (10) uji coba kelompok besar, (11) revisi produk akhir, (12) produk video pembelajaran tari Lahbako. Hasil validasi dinyatakan valid atau layak setelah melalui proses uji coba tahap I dan II. Hasil validasi I oleh ahli materi memperoleh presentase rata-rata 77,5%, ahli pembelajaran memperoleh presentase rata-rata 77,5%, ahli media memperoleh presentase rata-rata 73%, validasi tanggapan kelompok kecil 95,2%, validasi tanggapan kelompok besar 96%, validasi test belajar siswa kelompok kecil pre test 57% dan post test 95%, validasi test belajar siswa kelompok besar pre test 53,75% dan post test 96,87% validasi II oleh ahli materi memperoleh presentase rata-rata 97,5%, validasi II oleh ahli pembelajaran memperoleh presentase rata-rata 90%, validasi II oleh ahli media memperoleh presentase rata-rata 98%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran ini memberi efek positif dalam meningkatkan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran Seni Budaya materi seni tari (Tari Lahbako). Kepada pengembang lain yang akan membuat topik pengembangan yang sama dengan media pembelajaran video ini, disarankan untuk merancang tayangan video yang lebih menarik, agar tujuan pembuatan media video pembelajaran dapat tersampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh calon pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73624

Actions (login required)

View Item View Item