Zahro, Nafiza (2019) Buku ajar tari Singo Ulung sebagai bahan ajar untuk SMA kelas X IPS 2 di SMA Negeri 2 Bondowoso / Nafiza Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zahro Nafiza 2019 Buku Ajar Tari Singo Ulung Sebagai Bahan Ajar Kelas X IPS 2 di SMA Negeri 2 Bondowoso Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. E. Wara S.D.P. M.Pd (II) Kelik Desta Rahmanto S.Sn. M.Pd. Kata kunci Buku Ajar Tari Singo Ulung SMA Negeri 2 Bondowoso Matapelajaran seni budaya dengan kajian seni tari di SMA Negeri 2 Bondowoso kurang dipahami oleh siswa kelas X. Hal ini dikarenakan buku ajar seni budaya digabung dengan materi seni rupa seni musik dan teater sehinggatidak menjelaskan secara lengkap mengenai materi seni tari. Kompetensi Dasar yang digunakan yaitu 3.4 menganalisis bentuk jenis nilai estetis dan fungsi tari tradisional.Sehingga sekolah meminta untuk dibuatkan bahan ajar berupa buku ajar tari sebagai penunjang pembelajaran. KKM mata pelajaran seni budaya yaitu 75. Sedangkansiswa kelas X IPS 2 merupakan kelas dengan nilai rata-rata seni budaya terendah dari 8 kelas lainnya dimana dari 35 siswa hanya 21 siswa memiliki nilai diatas KKM. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk membuatbuku ajar tari Singo Ulung dengan materi bentuk gerak tari jenis gerak tari fungsi tari dan nilai estetis tari. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode researchand development oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian sebagai berikut (1) pra produksi (pengumpulan data dan perencanaan desain produk) (2) produksi (pembuatan produk awal uji validasi tahap I revisi hasil validasi produk tahap I uji coba kelompok kecil (10 siswa) uji validasi tahap II revisi hasil validasi produk tahap II uji coba kelompok besar (35 siswa) (3) pasca produksi (produk buku teks). Validasi dilakukan oleh ahli materi (seniman tari) ahli desain (dosen Seni dan Desain) ahli bahasa (dosen Sastra Indonesia) dan diujikan pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Bondowoso. Diseminasi produk tidak dilakukan karena buku ajar hanya untuk keperluan penelitian dan keterbatasan biaya produksi buku ajar. Buku ajar tari Singo Ulung berisi tentang asal-usul sinopsis bentuk gerak tari jenis gerak tari nilai estetis tari fungsi tari dan instrumen pengiring tari Singo Ulung. Buku ajar tari Singo Ulung dilengkapi gambar rangkuman dan evaluasi. Hasil validasi dinyatakan valid atau layak setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II. Hasil uji validasi akhir tahap II dinilai oleh ahli desain (96 4%) ahli materi (100%) ahli bahasa (97 2%) dan diuji cobakankepada 35 siswa dengan hasil uji pre test (55%) dan hasil ujipost test (94 5%). Buku ajar tari Singo Ulung dinyatakan valid sebagai bahan ajar dengan adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan buku teks tari Singo Ulung.Penelitian ini mengharapkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan media berupa video pembelajaran menarik untuk digunakan dalam pembelajaran seni budaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/73623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |