Pengembangan bahan ajar modul tari topeng Ghettak untuk kelas X MAN 2 Pamekasan / Rumsiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar modul tari topeng Ghettak untuk kelas X MAN 2 Pamekasan / Rumsiyah

Rumsiyah (2019) Pengembangan bahan ajar modul tari topeng Ghettak untuk kelas X MAN 2 Pamekasan / Rumsiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rumsiyah 2019. Pengembangan Bahan Ajar Modul Tari Topeng Ghettak untuk kelas X MAN 2 Pamekasan. Kab. Pamekasan. Madura. Jawa Timur. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Robby Hidajat M.Sn (2) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran Tari Topeng Ghettak untuk kelas X Eksistensi tari Topeng Ghettak mengalami pasang surut menyebabkan pengetahuan masyarakat tentang tarian ini menjadi berkurang dan mulai dilupakan oleh para pelajar di Kabupaten Pamekasan. Salah satu faktor tari Topeng Ghettak mulai dilupakan yaitu pembelajaran tari di sekolah jarang diberikan guru pengajar yang kurang profesional di bidangnya sumber dan bahan ajar yang kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar modul pembelajaran tari Topeng Ghettak mencakup pendahuluan nama ragam dan ragam gerak dasar yang disertai deskripsi berbentuk digital dengan format PDF yang dikemas dalam bentuk VCD serta dilengkapi dengan media pendukung video dan audio. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan prosedur penelitian Borg Gall (Sugiyono 2015) yang meliputi langkah-langkah seperti (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji pemakaian (9) revisi produk (10) produksi massal. Berdasarkan kebutuhan peneliti metode penelitian dan pengembangan Sugiyono mengalami modifikasi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk I (5) revisi produk I (6) validasi produk II (7) revisi produk II (8) uji coba kelompok kecil (9) uji coba kelompok besar (10) hasil akhir. Instrumen pengambilan data di ujikan dan di nilai oleh ahli materi ahli media ahli pembelajaran hasil responden uji coba kelompok kecil (siswa) dan hasil responden uji coba kelompok besar (siswa). Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan sebagai berikut berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan modul pembelajaran layak dengan persentase 100% penilaian ahli media menunjukkan modul pembelajaran layak dengan persentase 97% penilaian ahli pembelajaran menunjukkan modul pembelajaran layak dengan persentase 100% sedangkan berdasarkan uji coba kelompok besar menunjukkan persentase 97 5% bahwa produk yang dihasilkan layak digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran tari di sekolah. Kesimpulan hasil penelitian ini berdasarkan penilaian dari ahli materi ahli media ahli pembelajaran dan uji coba oleh siswa termasuk dalam kriteria valid dan layak serta efektif digunakan dalam pembelajaran. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian agar membuat bahan ajar modul menjadi media pembelajaran seperti video tutorial ragam gerak tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73621

Actions (login required)

View Item View Item