Peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran seni tari dengan metode eksperimen di kelas VIII C SMPN 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo / Yusuf Jenar Margatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran seni tari dengan metode eksperimen di kelas VIII C SMPN 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo / Yusuf Jenar Margatama

Margatama, Yusuf Jenar (2019) Peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran seni tari dengan metode eksperimen di kelas VIII C SMPN 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo / Yusuf Jenar Margatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jenar Yusuf. 2019. Peningkatan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Tari Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan SeniTari dan Musik. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas negeri malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.sn. (II) Ika WahyuWidyawati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran Seni Tari Metode Pembelajan Eksperimen. Kegiatan pembelajaran seni di SMPN 1 Sawoo merupakan mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik khususnya pada mata pelajaran seni budaya bidang seni tari. Berdasarkan pengamatan di SMPN 1 Sawoo khususnya siswa kelas VIII C kurang begitu antusias. Terlihat dari kurangnya interaksi antara siswa dengan guru mata pelajaran seni budaya siswa hanya duduk tenang di tempat duduk tanpa ingin bertanya materi yang sulit dipahami. Keadaan seperti ini dikarenakan siswa kurang berminat dalam pembelajaran seni. Akibat dari keadaan tersebut hasil pembelajaran siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu untuk memperbaiki keadaan tersebut peneliti menggunakan metode pembelajaran lain yang bersifat aktif salah satunya adalah metode eksperimen. Tujuan penelitian yaitu mengetahui peningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran seni tari menggunakan metode eksperimen di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sawoo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan pengamatan atau observasi dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan siklus I dan siklus II dengan instrumen penilaian tes hasil belajar dan penilaian proses untuk mengetahui minat siswa. Hasil penelitian siklus I dari 25 siswa sebanyak 10 siswa tuntas dengan nilai rata-rata dengan persentase 40%. Siswa sebanyak 15 belum tuntas dengan penilaian rata-rata persentase 60%. Berdasarkan data tersebut siswa belum memenuhi ketuntasan yang maksimal dan dilakukan siklus II dengan memecah cara mengamati dan menirukan tarian. Hasil penelitian siklus II dari 25 siswa sebanyak 22 siswa tuntas dengan nilai rata-rata dengan persentase 88%. Siswa sebanyak 3 belum tuntas dengan penilaian rata-rata persentase 12%. Berdasarkan data tersebut siswa sudah tuntas dengan maksimal. Hasil akhir dari perbandingan siklus I dan II minat hasil belajar siswa kelas VIII C meningkat dengan presentase 50%. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil data siklus I dan siklus II minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya bidang studi Seni Tari di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sawoo meningkat. Penerapan metode pembelajaran sangat penting bagi peningkatan minat hasil belajar siswa. Saran peneliti diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73619

Actions (login required)

View Item View Item