Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui permainan tongkat estafet terhadap hasil belajar seni budaya siswa kelas XII SMA Islam Al-Hikmah Tajinan Kabupaten Malang / Nia Renita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui permainan tongkat estafet terhadap hasil belajar seni budaya siswa kelas XII SMA Islam Al-Hikmah Tajinan Kabupaten Malang / Nia Renita

Renita, Nia (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui permainan tongkat estafet terhadap hasil belajar seni budaya siswa kelas XII SMA Islam Al-Hikmah Tajinan Kabupaten Malang / Nia Renita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Renita Nia. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Melalui Permainan Tongkat Estafet Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas XII SMA Islam Al-Hikmah Tajinan Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd (II) Kelik Desta Rahmanto S.Sn M.Pd Kata Kunci Pengaruh Model Pembelajaran STAD Hasil Belajar Seni Budaya Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Al-Hikmah Tajinan Kabupaten Malang yang dilakukan pada pembelajaran seni budaya kelas XII. Diketahui bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya masih banyak yang berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75. Hal tersebut terjadi akibat permasalahan dalam proses pembelajaran seni budaya yaitu kurangnya siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) melalui permainan tongkat estafet terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya kelas XII SMA Islam Al-Hikmah Tajinan Kabupaten Malang. Permainan tongkat estafet ini merupakan ide peneliti yang dapat digunakan dalam pengkombinasian antara model pembelajaran dan juga permainan dari bidang olahraga Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Peneliti mengambil sampel dua kelas yaitu kelas XII IPA 1 dan XII IPS 1 SMA Islam Al-Hikmah Tajinan. Dua kelas tersebut akan mendapatkan perlakuan berbeda yaitu kelas eksperimen akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui permainan tongkat estafet sedangkan kelas kontrol akan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara tes tertulis dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validasi uji reabilitas uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data pembelajaran siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 83 71 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 79 12. Perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikasi 0 002 dengan 0 002 0 05 maka Ha diterima sehingga model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui permainan tongkat estafet diterima dan dapat dikatakan lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui permainan tongkat estafet terhadap hasil belajar siswa dengan demikian penelitian model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui permainan tongkat estafet disarankan agar dapat digunakan sebagai alternatif acuan perbaikan kualitas pembelajaran serta dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran pada setiap pembelajaran seni budaya kelas XII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73618

Actions (login required)

View Item View Item