"Kembul Donga Bhadra" (komposisi musik yang berpijak pada ritual selamatan Desa Dusun Gondorejo Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu) / Onki Leman Frastia

Frastia, Onki Leman (2019) "Kembul Donga Bhadra" (komposisi musik yang berpijak pada ritual selamatan Desa Dusun Gondorejo Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu) / Onki Leman Frastia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Frastia, Onki Leman. 2019. Kembul Donga Bhadra (Komposisi Musik yang Berpijak pada Ritual Selamatan Desa Dusun Gondorejo Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu). Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1. Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin Dyah P., M.Pd., 2. Hartono, S.Sn., M.Sn. Kata Kunci : Penciptaan, Komposisi Musik, Selamatan Desa, Musik Program Karya musik “Kembul Donga Bhadra” diciptakan untuk mendorong terciptanya desa wisata di daerah Dusun Gondorejo Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu. Penciptaan musik ritual adat di Desa Gondorejo ini bukan tanpa alasan, apabila ritual selamatan desa tersebut dapat bertahan, tentunya bisa menjadi nilai tambah di Desa Gondorejo, yaitu diharapkan dapat terciptanya Desa Wisata. Keberadaan musik dalam kehidupan masyarakat tentunya tidak lepas dari berbagai macam fungsi yang ada dalam musik itu sendiri, antara lain sebagai media ekspresi, estetik, sebagai media hiburan, dan sebagai pelengkap ritual adat bagi masyarakat. Penciptaan karya musik ini bertujuan sebagai hiburan pada ritual adat selametan desa Dusun Gondorejo Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu. Karya komposisi musik ini, penulis gunakan teori inovatif. Inovatif mempunyai arti memperkenalkan sesuatu yang baru; bersifat pembaruan atau kreasi baru. Tema musik dalam karya musik ini menggambarkan tentang bentuk musik variasi dan motif yang dimainkan dengan alat instrumen gamelan Jawa dan beberapa alat musik modern. Karya musik ini tema garapnya diambil tema sosial, hubungan antara masyarakat yang memiliki hajat dengan masyarakat sekitar dengan desa yang melakukan ritual selamatan desa. Karya musik ini terdiri beberapa bagian. Bagian I menggunakan 4 tema dan pengembangannya, bagian II menggunakan 3 tema dan pengembangannya. Sedangkan bagian III terdiri atas I tema dan pengembangannya yaitu mulai masuk pada acara inti. Kelemahan karya musik “Kembul Donga Bhadra” ini terletak pada organizing pemain yang kurang. Diharapkan untuk pencipta karya musik selanjutnya agar diperbaiki lagi masalah organizing pemain dikarenakan hal tersebut berpengaruh terhadap kelancaran proses garap karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73615

Actions (login required)

View Item View Item