Proses pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler musik keroncong klasik di SMAN 2 Trenggalek pada tahun 2016-2018 / Yoga Septy Jiveko - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler musik keroncong klasik di SMAN 2 Trenggalek pada tahun 2016-2018 / Yoga Septy Jiveko

Jiveko, Yoga Septy (2019) Proses pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler musik keroncong klasik di SMAN 2 Trenggalek pada tahun 2016-2018 / Yoga Septy Jiveko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septy Jiveko Yoga. 2019. Proses Pembelajaran Kegiatan Ekstrakurikuler Musik Keroncong Klasik di SMA Negeri 2 Trenggalek pada Tahun 2016-2018.Skripsi Jurusan Seni dan Desain Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Robby Hidajat M.Sn (2) Hartono S.Sn M.Sn Kata Kunci Pembelajaran Musik Keroncong SMAN. Proses pembelajaran adalah kegiatan melakukan suatu proses penyampaian pembelajaran dan proses melakukan suatu kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan dan pengelolaan. Keroncong merupakan produk khas budaya nusantara berupa seni musik yang wajib dilestarikan. SMA Negeri 2 Trenggalek merupakan salah satu sekolah umum yang serius dalam bidang musik keroncong dibuktikan dengan terpenuhinya sarana dan prasarana pembelajaran menjadikan musik keroncong sebagai pembelajaran ekstrakurikuler dan didukung dengan pelatih yang berkompeten di bidang seni selain itu banyak prestasi yang pernah diraih SMA Negeri 2 Trenggalek dalam lomba seni musik keroncong. Kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler keroncong tentunya dibutuhkan proses yang tepat dalam pembelajaran musik keroncong agar peserta didik menyukai musik keroncong sehingga seni musik keroncong tetap hidup dan lestari. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana proses pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler musik kerocong klasik di SMA Negeri 2 Trenggalek pada tahun 2016-2018. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan pembelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaran (3) Pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 2Trenggalek. Narasumber dari penelitian ini adalahguru seni budaya pendamping koordinator grup anggota dan pelatih musik keroncong.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran musik keroncongtidak dibuat secara tertulis pelatih hanya menyiapkan materi dan membuatkonsep perencanaaan pembelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaranmusik keroncong yaitu pelatih menggunakan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi penyampaian pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran(3) Pengelolaan kelas dalam kegiatan ekstrakurikuler keroncong SMA Negeri 2 Trenggalek yaitu kondisi siswa dan kondisi ruangan. Kesimpulan yamg didapatkan melalui penelitian ini adalah proses pembelajaran ekstrakurikuler musik keroncong di SMA Negeri 2 Trenggalek memuat tiga hal yaitu perencanaan pelaksanaan dan pengelolaan. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian serupa agar dapat memperoleh pengetahuan yang lebih banyak lagi mengenai proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73614

Actions (login required)

View Item View Item