Media pembelajaran tari topeng putra kembar menggunakan video tutorial pada kegiatan ekstrakulikuler di SMA Negeri 2 Sumenep / Wafiqotil Istiqomah

Istiqomah, Wafiqotil (2019) Media pembelajaran tari topeng putra kembar menggunakan video tutorial pada kegiatan ekstrakulikuler di SMA Negeri 2 Sumenep / Wafiqotil Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Istiqomah, Wafiqotil. 2019. Media Pembelajaran Tari Topeng Putra Kembar menggunakan Video Tutorial pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Sumenep. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Robby Hidajat, M.Sn, (2) Hartono, S.Sn, M.Sn Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Tari Topeng Putra Kembar, Ekstrakurikuler Media video tutorial belum ada untuk kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Sumenep dalam mendukung sebuah pertunjukan dan acara besar di Kabupaten Sumenep dan belum adanya pengajar di bidang tari yang selalu dapat mendampingi siswa peserta ekstrakurikuler tari sehingga siswa tidak hanya selalu mengandalkan guru pengajar namun harus bisa mencari dan mempelajari materi yang di ajarkan dengan mandiri karena waktu belajar di kegiatan ekstrakurikuler juga terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran tutorial tari Topeng Putra Kembar yang mencakup nama-nama kostum atau tatabusana, cara menggunakan kostum atau tatabusana, nama ragam gerak dilengkapi cara melakukan ragam gerak yang dibagi menjadi beberapa bagian dengan tujuan agar siswa lebih cepat mengingat, dan tarian secara utuh. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode Borg & Gall yang meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Berdasarkan kebutuhan peneliti, metode penelitian dan pengembangan Sugiyono mengalami modifikasi: (1) identifikasi kebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) tahap produksi (pra produksi, produksi, dan pasca produksi), (4) validasi produk I, (5) revisi produk I, (6) validasi produk II, (7) revisi produk II, (8) uji coba kelompok kecil, (9) uji coba kelompok besar, (10) Hasil akhir. Hasil penelitian ini adalah: media pembelajaran tutoarial tari Topeng Putra Kembar yang disimpan dalam bentuk DVD (Digital Video Disc), untuk memutar media pembelajaran ini dapat menggunakan DVD-Room pada komputer maupun laptop dan dapat pula di putar menggunakan LCD sehingga mudah dan praktis untuk dioperasikan pada pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan penilaian dari ahli materi pada kegiatan validasi presentase mencapai 95% dan 100%, ahli media 75% dan 95%, dan ahli pembelajaran 95,8% dan100%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil presentase pre-test mencapai 68% dan post-test 100% mengalami kenaikan 32% dan uji coba kelompok besar presentase pre-test mencapai 59% dan post-test 97% mengalami kenaikan 38%. Berdasarkan hasil dari kegiatan validasi dan uji coba di atas maka dapat disimpulkan bahwa media tutorial tari Topeng Putra Kembar efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73611

Actions (login required)

View Item View Item