Strategi pembelajaran lagu Dari Pulau dan Benua dalam kegiatan ekstrakurikuler campursari di SMA Immanuel Kota Batu / Yustindra Lis Abadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran lagu Dari Pulau dan Benua dalam kegiatan ekstrakurikuler campursari di SMA Immanuel Kota Batu / Yustindra Lis Abadi

Abadi, Yustindra Lis (2019) Strategi pembelajaran lagu Dari Pulau dan Benua dalam kegiatan ekstrakurikuler campursari di SMA Immanuel Kota Batu / Yustindra Lis Abadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Abadi Yustindra Lis. 2019. Strategi Pembelajaran Lagu Dari Pulau dan Benua dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Campursari di SMA Immanuel Kota Batu. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati. S.Pd M.Pd Kata Kunci Strategi Pembelajaran Ekstrakulikuler Campursari SMA Immanuel Strategi pembelajaran adalah pendekatan menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran. Kegiatan ekstrakulikuler merupakan kegiatan penunjang pembelajaran yang dilaksanakan diluar jam tatap muka atau jam pelajaran. SMA Immanuel merupakan satu satunya sekolah Kristen di Kota Batu yang mengadakan ekstrakulikuler campursari. Keunikan ekstrakulikuler campursari di SMA Immanuel Kota Batu ini terletak pada lagu yang dimainkan. Lagu yang dibuat genre campursari adalah lagu Gereja bukan lagu dolanan atau langgam Jawa. Lagu Gereja yag dibuat genre campursari adalah lagu Dari Pulau Dan Benua. Lagu Dari Pulau dan Benua menceritakan tentang kelahiran Isa Almasih. Lagu ini berasal dari Kidung Jemaat 101. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran lagu Dari Pulau dan Benua dalam kegiatan ekstrakulikuler campursari di SMA Immanuel Kota Batu. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengkaji strategi pembelajaran ekstrakulikuler campursari adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data ada tiga yaitu sumber data primer sumber data sekunder dan sumber data tertulis. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara terstruktur dan tak terstruktur serta dokumentasi. Analisis data dimulai dengan mereduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ekstrakulikuler campursari yang digunakan oleh guru ekstrakulikuler adalah model pembelajaran sinektiks metode tanya jawab demonstrasi dan latihan (drill) serta pendekatan libera atau Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Kesimpulan yang didapatkan melalui penelitian strategi pembelajaran lagu Dari Pulau dan Benua dalam kegiatan ekstrakulikuler campursari di SMA Immanuel Kota Batu adalah model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran sinektiks metode pembelajarannya adalah metode pembelajaran tanya jawab demonstrasi dan latihan (drill) serta pendekatan pembelajarannya adalah pendekatan liberal/Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Saran untuk peneliti lain adalah membuatkan media pembelajaran selain papan tulis agar kegiatan ekstrakulikuler campursari lebih berkembang lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73610

Actions (login required)

View Item View Item