Teknik permainan gendang beleq dalam konservasi musik tradisional Lombok / Rajeski Gena Alfargani - Repositori Universitas Negeri Malang

Teknik permainan gendang beleq dalam konservasi musik tradisional Lombok / Rajeski Gena Alfargani

Alfargani, Rajeski Gena (2019) Teknik permainan gendang beleq dalam konservasi musik tradisional Lombok / Rajeski Gena Alfargani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alfargani Rajeski Gena. 2019. Teknik Permainan Gendang Beleq Dalam Konservasi Musik Tradisional Lombok. (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd (II) Ika Wahyu Widiawati S. Pd M. Pd Kata Kunci Teknik Permaina Gendang Beleq. Gendang beleq merupakan salah satu musik tradisional yang berasal dari pulau Lombok NTB yang diwariskan oleh suku sasak secara turun-temurun. Gendang beleq pada awalnya berfungsi sebagai pengiring prajurit saat perang namun seiring berjalannya waktu Gendang beleq beralih fungsi sebagai pengiring acara adat istiadat seperti menyambut tamu mengiringi adat perkawinan dan ritual-ritual tertentu yang dilaksanakan oleh masyakat suku sasak yang memerlukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeksripsikan bagaimana teknik permainan gendang beleq. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan disanggar Rangkai Emas Gadang Bumbang Desa Jurit Kecamatan Pringga Sela Kabupaten Lombok Timur yang memiliki potensi dalam melestarikan kesenian Gendang beleq. Peneliti sebagai instrument utama memperoleh data dari data primer dan data sekunder. prosedur Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentas. Analisa data dilakukan dengan mereduksi data dan menyajikannya dengan verifikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa teknik permainan dalam kesenian musik gendang beleq berdasarkan klasipikasi instumen ukuran bahan dan bentuk instrumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah a. Gendang beleq dimainkan dengan posisi berdiri dan berjalan dengan tangan kanan menggenggam tabuh dan tangan kiri yang kemudian diarahkan kepada masing-masing membran b. Cemperang dimainkan dengan membenturkan kedua sisi bilah cemperang hal ini dapat dilakukan dengan posisi berdiri berjalan dan duduk c. Suling dimainkan dengan cara ditiup dengan posisi berjalan berdiri dan duduk bersila d. Instrumen petuk gong oncer dan terompong dimainkan dengan cara mengarahkan tabuh yang digenggam oleh tangan pada bagian instumen yang menonjol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73609

Actions (login required)

View Item View Item