Pengaruh kesesuaian taraf intensitas bunyi musik sebagai ilustrasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar di SMP IV-8 Kartika Kota Malang / Fahrizal Rifky - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kesesuaian taraf intensitas bunyi musik sebagai ilustrasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar di SMP IV-8 Kartika Kota Malang / Fahrizal Rifky

Rifky, Fahrizal (2019) Pengaruh kesesuaian taraf intensitas bunyi musik sebagai ilustrasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar di SMP IV-8 Kartika Kota Malang / Fahrizal Rifky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rifky Fahrizal. 2019. Pengaruh Kesesuaian Taraf Intensitas Bunyi Musik Sebagai ilustrasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMP IV-8 Kartika Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd. (II) Ika Wahyu Widyawati M.Pd. Kata Kunci taraf intensitas bunyi musik ilustrasi pembelajaran hasil belajar SMP IV-8 Proses belajar mengajar terdapat beberapa permasalahan. Salah satu metode untuk mengatasi masalah belajar adalah menggunakan metode Quantum Learning. Prinsip metode ini yaitu memasang musik latar di kelas. Berdasarkan pendapat Lozanov Campbell dan Djohan Salim terdapat kesenjangan sehingga dapat dikatakan bahwa semua musik dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik. Stephen E. Stunz mengungkapkan bahwa tingkat intensitas musik mempengaruhi psikologis manusia. Intensitas musik berkaitan dengan kebisingan sedangkan kebisingan merupakan arti dari taraf intensitas bunyi. Kesimpulannya bahwa semua musik dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan peserta didik hanya saja tidak ditetapkan taraf intensitas bunyi secara khusus yang sesuai untuk musik dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mencari taraf intensitas bunyi musik sebagai ilustrasi pembelajaran dan pengaruh kesesuaian taraf intensitas bunyi musik terhadap hasil belajar. Bentuk penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Variabel bebas yaitu penggunaan iringan musik dengan taraf intensitas bunyi yang sudah ditentukan pada pembelajaran biologi. Sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi di SMP IV-8 Kartika Kota Malang. Populasi penelitian ini siswa kelas VIIIC dan VIIID. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi tes dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test. Validitas instrumen tes diuji dengan rumus product moment karl pearson dan reliabilitasnya diuji dengan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 68 5 dan nilai post test sebesar 85 0. Kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 71 0 dan nilai post test sebesar 75 0. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0 013 0 05. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan taraf intensitas bunyi musik sebagai ilustrasi pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP IV-8 Kartika Malang. Saran peneliti bagi guru penggunaan taraf intensitas musik sebagai ilustrasi pembelajaran bisa menjadi salah satu metode dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain penelitian ini sebagai bahan acuan dan musik yang digunakan sebagai ilustrasi pembelajaran bisa dari jenis musik lain yang sudah pernah diteliti untuk penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73608

Actions (login required)

View Item View Item